CEO Uber Mengkhawatirkan Adanya Ketergantungan Perusahaan Terhadap Dirinya

CEO Uber Dara Khosrowshahi

SuaraDemokrasi.com – Dara Khosrowshahi, CEO Uber menyatakan bahwa perusahaannya terlalu bergantung pada dirinya. Hal itulah yang membuat dirinya resah.

Di dalam sebuah konferensi pers yang dilakukan, seseorang sempat bertanya pada dirinya, tentang hal yang paling ditakuti sebagai seorang CEO.

“Hal paling menakutkan bagi saya yakni ketika perusahaan menjadi terlalu bergantung kepada saya dalam mengambil setiap keputusan,” jawab Khosrowshahi.

“Saat suatu keputusan diambil melalui saya, maka hal itu adalah suatu kegagalan. Karena setelah itu, tim-tim lain tidak akan mengetahui apa yang harus dilakukannya,” tambahnya.

Khosrowshahi mengawali perannya sebagai seorang CEO Uber pada Agustus 2017 lalu. Dirinya menggantikan sosok kontroversial dibalik penemuan Uber, Travis Kalanick. Sebelumnya, Khosrowshahi merupakan CEO dari sebuah website travel terkemuka Expedia, sejak 2005.

Dikutip dari CNBC.com, saat dirinya mulai menjabat sebagai CEO Uber pada 2017 lalu telah memiliki lebih dari 16 ribu pekerja.

Khosrwoshahi mengatakan, sejauh ini dirinya sangat fokus untuk menyelesaikan tugasnya sebagai seorang CEO sehingga tidak memiliki kesempatan untuk membangun iklim kepemimpinan di dalam perusahaan.

“Sejauh ini saya belum membangun kerja sama tim yang baik. Saya sangat sibuk untuk melakukan sesuatu,” ujar dia.

Memang, kini Khosrowshahi sudah mengambil alih Uber dengan banyak pekerjaaan rumah yang harus diselesaikan.

Secara umum, kultur yang ada di dalam perusahaan teknologi yang bertumbuh cepat ini bisa menjadi hambatan sekaligus racun bagi perusahaan tersebut. Khosrowshahi belakangan ini justru membintangi beberapa iklan untuk menaikkan reputasinya sekaligus pangsa pasar perusahaannya.

Khosrowshahi juga menambahkan bahwa kini Uber sedang dalam proses menuju IPO di akhir 2019 mendatang.
Namun, kembali ditambahkan olehnya bahwa tujuan utamanya saat ini yakni memperkuat timnya agar mampu mandiri.

“Saya harus membuat tim ini berjalan selaras tanpa harus bergantung pada diri saya,” ucapnya.

(Sumber : https://ekonomi.kompas.com/read/2018/06/11/073700926/ceo-uber–saya-khawatir-ketergantungan-perusahaan-kepada-saya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *