Cabang Olahraga Panahan Proyeksikan Peluang Meraih Medali Asian Games

Pelatih kepala tim Panahan Indonesia Denny Trisjanto

SuaraDemokrasi.com – Perpani yang merupakan wadah kepengurusan pusat panahan di Indonesia, akan memproyeksikan peluang target medali di Asian Games 2018. Proyeksi ini dilakukan pada masa latihan kompetisi, pada Juli mendatang.

“Akhir bulan ini kami pindah ke Surabaya. Perpindahan ini dikarenakan di sana fasilitasnya lebih lengkap. Ada lab dan toko peralatan,” kata pelatih kepala pelatnas Perpani Denny Trisjanto di sela-sela kunjungan Menpora Imam Nahrawi di lapangan panahan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, senin (4/6).

Di Surabaya latihan akan dimulai pada 1-20 Juli dan setelah itu akan kembali berlatih di Mekarsari, Depok hingga perhelatan Asian Games digelar.

Denny juga mengklaim bahwa progress penampilan atlet-atletnya selalu meningkat selepas mengikuti kejuaraan uji coba pada salah satu seri kejuaraan dunia di Turki pada 20-26 Mei lalu.

Pada kejuaraan uji coba tersebut mereka tidak mendapatkan medali, namun hal itu bukan menjadi masalah. Meski demikian mereka tetap menunjukkan progresnya secara makro sesuai dengan tahapan program latihan. Pada intinya puncak penampilan mereka ada pada Asian Games 2018 nanti.

Tim panahan Indonesia, lanjut Denny telah bertemu dengan tim-tim unggulan Asia di Turki. Sehingga ini akan menjadi kesempatan untuk tim Merah Putih guna memantau peta persaingan di dalam Asian Games 2018.

“Dari 4 finalis, ada tiga dari Asia, yakni Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan. Mereka ini merupakan pesaing yang harus diwaspadai. Selain itu masih ada tim dari India,” kata Denny kembali.

Dikatakan oleh Denny juga bahwa tim panahan Indonesia sebenarnya hanya membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri lebih lama di Turki. Namun, mereka harus memanfaatkan waktu selama sembilan hari pada 18-28 mei menyusul terbatasnya anggaran.

“Kami akan tetap memperbanyak simulasi perlombaan di sebulan terakhir jelang Asian Games. Terutama untuk latihan nomor beregu. Mereka harus menembak target lingkaran merah dan kuning, dan tidak boleh menembak sasaran di lingkaran biru,” demikian kata Denny menegaskan.

Sebelumnya, Kementrian Pemuda dan Olahraga tidak menargetkan kepada tim panahan Indonesia pada Asian Games 2018 ini. Namun, Denny mengaku bahwa Menpora Imam Nahrawi mengharapkan meraih satu medali emas.

Denny juga menambahkan bahwa para atletnya akan mendapatkan bimbingan psikologis pada H-50 Asian Games serta latihan meditasi serta pernapasan di enam pekan terakhir.

(Sumber : https://www.antaranews.com/berita/715917/bulan-depan-panahan-baru-proyeksikan-peluang-medali-asian-games)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *