Anies Baswedan : Bukan Hal yang Elok Jika Target Zakat Harus Ditulis di Dalam Surat Edaran

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

SuaraDemokrasi.com – Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta mengatakan, zakat Rp 1 juta per RT bukan hal yang sulit untuk didapatkan.

Namun, menurut Anies hal tersebut menjadi tidak elok bila target tersebut ditulis dalam surat edaran lurah kepada para RT.

“Sesungguhnya tidak perlu ditulis juga pasti kelewatan ke Rp 1 juta. Jika tiap RT memberikan Rp 50.000 saja dan sudah ada 20 orang, itu sudah langsung Rp 1 juta. Hanya saja saat ditulis di dalam surat edaran, tentu menjadi tidak elok, betul tidak?” ujar Anies di Kantor Badan Pertanahan Nasional, Jakarta, Senin (4/6).

Menurut Anies, hal tersebut hanya masalah kepatutan saja. Ditegaskan juga oleh Anies bahwa surat seruan gubernur yang dikeluarkannya juga tidak menyebut jumlah zakat yang harus dibayarkan.

Di dalam suratnya, dia hanya menghimbau kepada para warga untuk menunaikan kewajibannya dalam membayar zakat melalui lembaga zakat pemprov DKI.

“Kewajibannya kewajiban agama, jika kami menawarkan hanya sebagai saluran.” kata Anies kembali.

Untuk target pencapaian di Bazis DKI tahun ini memang naik dari tahun sebelumnya. Meski demikian, Anies meminta untuk tidak menuliskan target zakat kepada para warga.

Kembali di jagad media sosial dihebohkan dengan adanya surat edaran kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan dan Kelurahan Joglo, Jakarta Barat. Dimana dalam surat edara tersebut meminta kepada setiap RT untuk mengumpulkan dana minimal Rp 1 juta.

Pengumpulan dana zakat tersebut merupakan gerakan amal sosial ramadhan (GAR) yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah (Bazis) DKI Jakarta.

Di dalam surat edaran tersebut, juga ditulis bahwa RT harus membayar denda sebesar Rp 1 juta jika map GAR dan Bazis hilang.

(Sumber : https://megapolitan.kompas.com/read/2018/06/04/18015441/kata-gubernur-dki-tak-elok-target-zakat-ditulis-dalam-surat-edaran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *