2000 Lebih Orang yang Terkait Upaya Kudeta Turki Telah Dipenjarakan

Upaya pencegahan kudeta di Turki

SuaraDemokrasi.com – Pengadilan Turki telah menjatuhkan hukuman penjara kepada 2000 orang lebih terdakwa yang ada kaitannya dengan upaya kudeta yang gagal pada 2016 lalu. Dimana upaya kudeta itu ditujukan untuk menggulingkan Presiden Recep Tayyip Erdogan, demikian seperti yang dikatakan Menteri Kehakiman Abdulhamit Gul,

“Dari 287 kasus pengadilan, 171 telah menghasilkan keputusan,dengan 2140 terdakwa dijatuhi hukuman penjara dan 1478 di antaranya dibebaskan,” kata Gul kepada kantor berita Anadolu, Kamis (7/6).

“Saya kira kasus sisanya akan dirampungkan sebelum akhir 2018,” katanya.
Pemerintah Turki menuduh ulama Fethullah Gullen yang tinggal di Amerika Serikat sebagai dalang pemberontakan yang gagal itu, namun Gullen sendiri membantah telah melakukan hal itu.

Ribuan orang, termasuk termasuk tentara, petugas kepolisian, dan hakim ditangkap sejak adanya upaya kudeta yang gagal itu. Gagalnya kudeta itu merupakan upaya untuk melakukan penindakan yang keras terhadap gerakan Gullen yang disebut Turki sebagai Organisasi Teroris Fethullah.

Persidangan perkara ini digelar di beberapa kota di seluruh Turki. Puluhan ribu orang diskors atau dipecat dari sektor publik, termasuk guru, polisi, dan hakim, di bawah dekret yang diterapkan di bawah status darurat yang telah dideklarasikan pasca upaya kudeta yang gagal pada Juli dua tahun lalu.

(Sumber : https://www.antaranews.com/berita/717098/turki-sudah-penjarakan-2000-orang-lebih-terkait-upaya-kudeta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *