Setya Novanto akan Melunasi Uang Pengganti Dengan Cara Dicicil

Setya Novanto

SuaraDemokrasi.com – Juru bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan bahwa terpidana kasus korupsi E-KTP, Setya Novanto akan melunasi uang pengganti sebesar 7,3 juta dolar AS dikurangi uang titipan Rp 5 miliar dengan cara program pencicilan.

Dikatakannya lebih lanjut, “Uang pengganti SN belum lunas hingga saat ini. Namun yang bersangkutan menyatakan kesanggupannya untuk membayar dengan cara mencicil,” demikian yang diungkapkan Febri di dalam keterangan tertulis, Kamis (24/5).

Dituturkan oleh Febri, bahwa KPK sangat menghargai niat Setya Novanto untuk mengembalikan aset negara. Di dalam tubuh internal KPK saat ini tengah berdiskusi lebih lanjut untuk membahas mekanisme cicilan yang akan dilakukan.

Pada prinsipnya upaya asset recovery dengan cara uang pengganti ini akan dilakukan semaksimal mungkin namun secara teknis dan mekanisme saat ini sedang dalam pembahasan di internal KPK, demikian imbuh dia. Meski demikian, Febri juga mengatakan bahwa Setya telah menyerahkan surat kesanggupan untuk membayar uang pengganti tersebut.

Setya Novanto memang belum melakukan pembayaran uang pengganti kecuali uang titipan sebesar Rp 5 miliar sebelumnya. Namun, pihak Setya Novanto telah menyerahkan surat kesanggupan untuk membayar uang pengganti tersebut. Febri juga sebelumnya telah menyebutkan bahwa Novanto belum membayar sisa pengganti sebesar 7,3 juta dolar AS yang dikurangi uang titipan Rp 5 miliar.

Pada kasus ini, SN terbukti melakukan korupsi proyek E-KTP untuk tahun anggaran 2011-2013. Mantan Ketua DPR itu divonis 15 tahun penjara dan membayar denda Rp 500 juta subsider kurungan tiga bulan. Dirinya juga diwajibkan untuk membayar uang pengganti 7,3 juta dolar AS yang dikurangi Rp 5 miliar dan telah dititipkan kepada pihak penyidik.

Bila menggunakan kurs rupiah di tahun 2010, total nilai uang pengganti itu besarnya Rp 66 miliar. Jika uang pengganti tersebut tidak dibayarkan setelah berkekuatan hukum, maka harta benda yang dimiliki Setya Novanto akan disita dan dilelang.

(Sumber : https://nasional.kompas.com/read/2018/05/25/06571431/setya-novanto-akan-melunasi-uang-pengganti-melalui-cicilan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *