Produk Kopi Di California Diharuskan Pasang Label Terkait Peringatan Kanker

Ada banyak sekali merek dari produk rokok yang terjual di dunia sudah mencantumkan label peringatan penyakit berbahaya pada kemasannya. Namun, saat ini tentu masih sangat jarang ditemukan label terkait dengan peringatan penyakit yang mana juga dilekatkan di dalam produk kopi.

SuaraDemokrasi.com – Ada banyak sekali merek dari produk rokok yang terjual di dunia sudah mencantumkan label peringatan penyakit berbahaya pada kemasannya. Namun, saat ini tentu masih sangat jarang ditemukan label terkait dengan peringatan penyakit yang mana juga dilekatkan di dalam produk kopi.

Mengutip dari kompas.com, Di negara California, pengadilan telah memberikan putusan bahwa semua kedai kopi wajib menambahkan atau mencantumkan label peringatan terkait adanya penyakit kanker di dalam produknya.

Dikutip dari kompas.com yang dilansir dari AFP, pada hari Kamis tanggal (9/5/2018), produk yang dimaksud ini termasuk pada produk minuman kopi yang dibuat oleh kedai kopi cukup terkenal misalkan saja Starbucks dan beberapa kedai kopi lainnya.

Hakim dari Pengadilan Tinggi yaitu Elihu Berle pada hari Senin tanggal (7/5/2018) menyelesaikan putusannya terkait dengan tuntutan organisasi nonprofit akan adanya 90 perusahaan yang membuat serta memperjualbelikan kopi.

Dalam putusan yang dibuat tersebut, Berle memberikan pernyataan bahwa perusahaan juga termasuk Starbucks, Keurig Green Mountain dan Peet’s Operating, yang mana mereka telah gagal dalam membuktikan manfaat kesehatan atas minum kopi.

Sementara ini, bahan kimia yang diperoleh selama proses pemanggangan biji kopi ternyata bisa menyebabkan kanker. Sebelumnya, Lembaga Pendidikan dan Penelitian mengenai Racun mengajukan gugatan atas perusahaan kopi di tahun 2010 untuk memasang label adanya peringatan penyakit kanker sesuai dengan undang-undang yang diterbitkan pada 30 tahun lalu.

Beberapa pihak yang tergugat dalam kasus ini, termasuk juga 7-Eleven, sudah setuju untuk menyelesaikan adanya keputusan hakim serta menempelkan label peringatan kanker di dalam produk kopi yang dijual.

Hal ini justru berbeda pada perusahaan lain seperti Starbucks, yang mana memutuskan untuk menunggu keputusan dari pengadilan. Pengacara Raphael Metzger, yang mana mewakili organisasi nirlaba, menyatakan sebagian besar pihak saat ini telah setuju untuk mengambil bagian dari mediasi guna menyelesaikan masalah ini.

Dikutip dari kompas.com, “Dalam bertahun-tahun saya berkarier, saya belum pernah mendapatkan kasus seperti ini,” katanya, seperti yang diwartakan CBS News. “Satu-satunya isu yang masih adalah mengenai sifat dan bentuk perintah tertulis dari pengadilan,” penjelasan tambahannya.

Pihak pengacara serta manajemen perusahaan tergugat belum juga memberikan komentar kepada media terkait keputusan dari hakim ini.

 

Sumber: https://internasional.kompas.com/read/2018/05/09/13470291/produk-kopi-di-california-wajib-pasang-label-peringatan-kanker

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *