Presiden Jokowi: Indonesia Siap Untuk Fasilitasi Pertemuan Trump dan Kim Jong-un

Berdasarkan pernyataan dari Presiden Joko Widodo, bahwa Indonesia telah siap memfasilitasi pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un apabila dibutuhkan dalam rencana pertemuan tersebut.

SuaraDemokrasi.com – Berdasarkan pernyataan dari Presiden Joko Widodo, bahwa Indonesia telah siap memfasilitasi pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un apabila dibutuhkan dalam rencana pertemuan tersebut.

Sebagaimana dikutip dari Antara News, di Istana Merdeka Jakarta, Senin (30/04/18), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, “Kita menawarkan apabila ada rencana pertemuan antara Presiden Kim Jong-un dan Presiden Donald Trump untuk bisa dilaksanakan di Indonesia kami juga tawarkan tapi ini kan kami sampaikan, Indonesia siap untuk menjadi tuan rumah bagi pertemuan-pertemuan itu.”

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menerima Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Korea untuk Republik Indonesia, KIM Chang-beom serta Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Rakyat Demokratik Korea untuk  Republik Indonesia, An Kwang Il.

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa Indonesia telah menawarkan diri jikalau dibutuhkan akan selalu siap memfasilitasi.

Tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga menyambut baik untuk pertemuan Antar-Korea yang menurutnya berarti besar bagi kawasan.

“Ya artinya kawasan kita ini menjadi lebih sejuk jadi lebih dingin dan kita bisa berkonsentrasi semuanya kepada pembangunan fisik maupun pembangunan ekonomi,” ujar Jokowi.

Sementara itu, setelah mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan bahwa Presiden menyampaikan dukungannya terhadap rencana pertemuan antara Presiden Trump dan Presiden Jong-un.

“Kita belum mendapatkan informasi secara jelas kapan pertemuan itu akan diselenggarakan. Tapi Presiden menyampaikan apabila telah dikehendaki oleh kedua belah pihak, makan Indonesia siap menjadi tuan rumah,” ungkap Retno.

Menteri Retno juga menyebutkan bahwa kesiapan dari Indonesia dalam memfasilitasi pertemuan tersebut juga sudah disampaikan kepada pihak Trump, AS.

“Sudah mulai sampaikan. Jika dikehendaki kedua belah pihak, kita sampaikan dulu. Kita lihat nanti perkembangannya seperti apa,” pungkas Retno

Atas kesiapan dan peran Indonesia tersebut, baik Korsel maupun Korut menyambut dengan baik dan mengapresiasi serta menyampaikan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang menyampaikan dukungannya atas upaya perdamaian kedua negara tersebut.

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/706100/indonesia-siap-fasilitasi-pertemuan-kim-jong-un-dan-trump

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *