Pensiunan Tahun ini Juga Mendapatkan THR dari Pemerintah

Kabinet Kerja

SuaraDemokrasi.com – Para pensiunan PNS, TNI/Polri tahun ini mendapatkan kabar gembira dari pemerintah. Tahun ini, pemerintah memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) “plus plus” kepada mereka.

Kebijakan ini diambil oleh pemerintah yang didasarkan pada peraturan pemerintah tentang pemberian THR serta gaji ke-13 bagi PNS, TNI, dan Polri serta para pensiunan. Peraturan Pemerintah tersebut telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (23/5).

Dalam konferensi persnya, Presiden Jokowi menyatakan bahwa tahun ini sangat istimewa dari tahun sebelumnya. Karena THR tahun ini juga diberikan kepada para pensiunan. Konferensi pers tersebut dilakukan di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu siang tadi.

Lebih lanjut, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga menambahkan bahwa kebijakan pemberian THR kepada para pensiunan ini baru dilakukan pada tahun ini. Pada tahun sebelumnya, pensiunan PNS, TNI, dan Polri hanya mendapatkan gaji ke-13 saja.

Mengenai besarannya tentu tidak sebesar gaji pokok sesuai golongannya saja. Namun, ditambah juga besaran tunjangan kinerja selama masa kerjanya. Diungkapkan oleh Sri Mulyani, bahwa tahun ini, besarnya THR sudah termasuk di dalam tunjangan kinerja. Pada tahun lalu, juga diungkapkan bahwa pensiunan tidak mendapatkan THR.

Pemerintah telah mengalokasikan anggaran yang besarnya Rp 35,76 triliun. Alokasi anggaran ini diperuntukkan bagi pembiayaan THR dan gaji ke 13 PNS, TNI, Polri, dan pensiunan. Mengenai besarannya pun sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2017 mengenai APBN. Anggaran ini meningkat sebesar 68,7%, karena di tahun sebelumnya para pensiunan ini tidak mendapatkan THR, demikian imbuh Sri Mulyani dalam keterangan persnya.

Sementara itu, Presiden Jokowi juga berharap bahwa pemberian THR dan gaji ke 13 ini tidak hanya bermanfaat untuk kesejahteraan PNS, TNI, dan Polri saja. Terutama yang sedang menyambut hari raya idul fitri, namun sebagai langkah untuk meningkatkan kinerja.

Nantinya, para PNS dan para pensiunan yang telah mendapatkan THR di tahun ini sama halnya dengan take home pay. Sedangkan untuk gaji ke 13, yang besarnya satu kali gaji pokok, tunjangan, dan lain-lain. Dengan demikian, peningkatan kinerja tentu harus dilakukan bagi para PNS aktif, sedang bagi pensiunan merupakan bentuk apresiasi pemerintah atas pengabdiannya.

(Sumber : https://nasional.kompas.com/read/2018/05/23/14194321/tahun-ini-pensiunan-juga-dapat-thr-lebaran-dari-pemerintah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *