Pati dan Jepara diguncang Gempa Bermagnitudo 4,3

Wilayah Kabupaten Jepara dan Kabupaten Pati di Jawa Tengah sekitar pukul 05.47 WIB pada hari Kamis (03/05/2018) lalu diguncang oleh gempa bermagnitudo 4,3.

SuaraDemokrasi.com – Wilayah Kabupaten Jepara dan Kabupaten Pati di Jawa Tengah sekitar pukul 05.47 WIB pada hari Kamis (03/05/2018) lalu diguncang oleh gempa bermagnitudo 4,3.

Abdul (43), salah satu warga Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Jepara, mengaku tiba-tiba merasakan getaran gempa saat dia dan keluarganya di dalam rumah. Kemudian Abdul dan keluarganya yang panik langsung berlari ke luar rumah untuk mencari tempat yang lebih aman.

Mengutip Kompas.com, warga yang berprofesi sebagai nelayan itu mengatakan, “Cuma hitungan detik. Kami panik karena rumah di kawasan pesisir dekat pantai. Untungnya tidak ada apa-apa.”

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara Arwin Nor Isdiyanto mengungkapkan kepada kompas.com, bahwa getaran gempa tersebut dirasakan oleh para warga yang tinggal di kawasan pesisir dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau II-III-MMI. Mulai dari Kecamatan Mlonggo, Kembang, Bangsri, Keling, Donorejo, Pakis Aji dan Jepara.

“Gempa yang dirasakan sekitar 5 detik. Hasil koordinasi kami dengan para camat tidak ada kerusakan-kerusakan maupun korban,” ujar Arwin.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Kepala BPBD Kabupaten Pati Sanusi bahwa guncangan gempa tersebut terasa di wilayah Pati. Getaran gempa, tuturnya, paling kuat dirasakan oleh para warga yang berada di Kecamatan Dukuhseti.

“Data sampai saat ini belum ada dampak buruk yang terjadi akibat guncangan gempa,” ucap Sanusi.

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono, mengatakan bahwa atas gempa tersebut, warga yang merasakan guncangan gempa langsung lari dari rumah untuk menyelamatkan diri.

“Banyak warga merasakan guncangan gempa ini, bahkan beberapa diantaranya sempat berlarian ke luar rumah untuk menyelamatkan diri,” ujar Daryono kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis (03/05/2018).

Seperti yang diketahui, titik gempa berada di 6,42 Lintang Selatan, 111,07 Bujur Timur atau 36 kilometer Timur Laut Kabupaten Pati.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Semarang memberikan laporannya melalui akun @bmkg_semaran bahwa gempa yang dirasakan di wilayah Pati dan Jepara memiliki kedalaman hingga 12 kilometer.

Sumber: https://regional.kompas.com/read/2018/05/03/15450031/gempa-bermagnitudo-43-guncang-wilayah-pati-dan-jepara

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *