Para Mubalig akan Dilakukan Sertifikasi oleh MUI

Majelis Ulama Indonesia

SuaraDemokrasi.com – Ma’ruf Amin menjelaskan bahwa lembaga yang dipimpinnya akan mengeluarkan sertifikasi bagi para mubaliq. Hal tersebut menurutnya perlu dilakukan untuk memberikan legitimasi kepada para ulama dalam memberikan dakwahnya terhadap umat.

Dikatakan kepada awak pers saat di Istana Kepresidenan Jakarta, pada Rabu (23/5), Ma’ruf menyatakan, “Sertifikasi terhadap para mubaliq akan MUI keluarkan sebagai upaya legitimasi terhadap para mubalig dalam memberikan dakwahnya.”

Ditambahkan oleh Ma’ruf Amin, bahwa sertifikasi yang dikeluarkan MUI ini mampu memberikan perlindungan kepada para mubalig. Namun di sisi lain menurutnya sertifikasi ini merupakan jaminan bagi para penceramah yang tampil di muka publik, merupakan penceramah yang tak bermasalah.

Kembali dijelaskan, bahwa sertifikasi yang dikeluarkan MUI bagi para penceramah ini adalah sebagai upaya legitimasi bagi para mubalig yang berkualitas, bagus, dan pastinya tidak memiliki masalah.

Selanjutnya, untuk bagaimana standarisasi dan rumusan serta mekanisme dari pemberian sertifikat kepada para mubalig ini, menurut Ma’ruf memang belum bisa menjelaskan detailnya. Dirinya hanya menegaskan bahwa, apa yang sudah diprogramkan oleh lembaga pimpinannya bukan sebuah bentuk kewajiban bagi seluruh penceramah.

Ditegaskan oleh Ma’ruf Amin, bahwa nantinya para mubalig yang bersedia menerima sertifikasi ini akan dibuatkan oleh MUI. Namun bila tidak berkenan pun juga tidak masalah, demikian yang ditambahkan Ma’ruf Amin, di sela-sela aktivitasnya di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Rabu (23/5).
(Sumber: Liputan6.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *