Pada Tahun 2030 Indonesia Menjadi Negara Paling Keempat di Asia Pasifik

Menurut studi yang digelar oleh Lowy Institute, Indonesia bukan merupakan sebuah negara terkuat yang berada di Asia Tenggara. Menurut studi tersebut, posisi Indonesia ada di bawah Malaysia serta Singapura. Namun, masih berdasarkan Lowy, Indonesia akan mampu melampaui dua negara tetangganya itu di tahun 2030.

SuaraDemokasi.com – Menurut studi yang digelar oleh Lowy Institute, Indonesia bukan merupakan sebuah negara terkuat yang berada di Asia Tenggara. Menurut studi tersebut, posisi Indonesia ada di bawah Malaysia serta Singapura. Namun, masih berdasarkan Lowy, Indonesia akan mampu melampaui dua negara tetangganya itu di tahun 2030.

Kesimpulan ini telah disampaikan dalam peringkat The Asia Power Indeks 2018 yang menempatkan Indonesia pada posisi ke-10 di antara 25 negara yang berada di kawasan Asia Pasifik. Sementara Singapura berdasarkan studi ini menempati urutan yang kedelapan dan Malaysia berada pada posisi kesembilan.

Dikutip dari kompas.com. Amerika Serikat serta China masih mendominasi kawasan ini yang disusul oleh negara Jepang, India, serta Rusia. Studi yang dilakukan oleh Lowy ini memperhatikan delapan kategori diantaranya adalah sumber daya ekonomi, kemampuan militer, daya tahan, tren masa depan, pengaruh diplomatik, hubungan ekonomi, jaringan pertahanan, dan pengaruh budaya. Setiap kategori memiliki nilai tersendiri, meski kategori sumber daya ekonomi dan kemampuan militer memiliki nilai lebih besar ketimbang kategori lainnya.

Dari total yang ada Indonesia berhasil memperoleh nilai 20,0 jauh di bawah Amerika Serikat (85,5), China (75.5), dan Jepang (42,1). Sementara untuk negara Singapura memperoleh nilai (27,9) sedangkan Malaysia 20,6.

Meskipun dalam hal sumber daya ekonomi dan kekuatan militer Malaysia ada di posisi bawah Indonesia, tetapi Negeri Jiran tersebut ternyata mempunyai hubungan perekonomian serta jaringan pertahanan lebih baik.

Artinya, mempunyai sumber daya yang melimpah tidak serta merta menjadikan sebuah negara mempunyai kekuatan serta pengaruh di kawasannya. Hal serupa ini ternyata juga dialami oleh Singapura, yang menurut Lowy mempunyai pengaruh besar terhadap jaringan hubungan regional meski dilihat dari sumber daya serta kekuatan militer sangat kecil.

Catatan Lowy juga menggambarkan bahwa negara Indonesia merupakan negara dengan performa tidak terlalu bagus di dalam indeks disparitas kekuatan yang ada di kawasan Asia Pasifik.

Meski hasil penelitian ini tidak terlalu menggembirakan, namun Lowy memberikan prediksi bahwa Indonesia akan meninggalkan negara-negara lain di Asia Tenggara pada tahun 2030, termasuk juga Singapura dan Malaysia.

Lowy juga memberikan prediksi, pada 2030 di dalam indeks yang sama negara Indonesia akan ada di peringkat keempat pada kawasan Asia Pasifik walau masih berada di bawah China, Amerika Serikat, dan juga India.

Sumber: https://internasional.kompas.com/read/2018/05/09/13410651/studi-pada-2030-indonesia-jadi-negara-terkuat-keempat-di-asia-pasifik

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *