Optimisme Menlu Indonesia yang Berpeluang Sebagai Anggota DK PBB

Menlu Retno Marsudi

SuaraDemokrasi.com – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi mengaku sangat optimis tentang peluang Indonesia di dalam pencalonan sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk periode 2019-2020.

“Kita optimis, dan memohon doanya saja. Jadi, jika dilihat semua rekam jejak yang ada, tentunya di dalam pemilihan tersebut yang dilihat adalah rekam jejak Indonesia selama ini. Bagaimana kontribusinya yang pernah diberikan kepada dunia mengenai perdamaian dan kesejahteraan,” demikian kata Menlu Retno Marsudi di Jakarta, Senin (28/5).

Pernyataan mengenai optimisme Indonesia untuk duduk sebagai anggota tidak tetap DK PBB tersebut diungkapkan oleh Retno saat acara buka bersama yang diselenggarakan oleh Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia. Harapan Retno agar semua yang telah dikontribusikan Indonesia untuk mengupayakan dan mewujudkan perdamaian dunia serta penyelesaian-penyelesaian dari berbagai masalah di kawasan dan dunia mampu menjadi bahan pertimbangan untuk dipilih sebagai anggota tidak tetap DK PBB.

Lebih lanjut dikatakan Menlu, “Mudah-mudahan semua yang telah dikontribusikan Indonesia telah terekam dengan baik, sehingga turut memengaruhi dan menjadi alasan bagi negara-negara anggota PBB untuk memilih Indonesia.”

Pada pekan depan, Retno Marsudi akan berkunjung ke New York, Amerika Serikat untuk melakukan persiapan pemilihan anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Dikatakannya kembali, di hari Sabtu dan Minggu pekan depan dirinya akan berangkat ke New York, AS dalam rangka pemilihan anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

Pemilihan akan dilakukan pada tanggal 8 Juni dan di tanggal 4 Juni akan diselenggarakan resepsi di Markas Besar PBB, sehingga pada tanggal 5-7 Juni masih ada kesempatan untuk melakukan lobi-lobi, demikian tuturnya kepada pers.

Di saat membuka acara buka bersama di lingkungan Kemenlu, acara yang juga dihadiri oleh para duta besar negara sahabat, Menlu RI Retno Marsudi juga meminta doa restunya untuk meminta dukungan atas pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

“Insya Allah dukungan yang diberikan atas pencalonan Indonesia ini, mampu meraih sukses dan Indonesia mampu mendapatkan kesempatan untuk memberikan kontribusinya,” demikian tuturnya.

(Sumber : https://www.antaranews.com/berita/714180/menlu-optimistis-peluang-indonesia-sebagai-anggota-dk-pbb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *