Nilai Tukar Rupiah Kembali Tembus ke Level Rp 14.000 per Dolar Amerika Serikat

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS

SuaraDemokrasi.com – Dalam transaksi antarbank di Jakarta diketahui nilai tukar rupiah pada Rabu pagi kemarin bergerak susut 37 poin dari 13.998 per dolar AS menjadi Rp 14.025 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah tersebut kembali menembus level psikologis Rp 14.000 setelah awal pekan lalu sempat mengalami apresiasi hingga di bawah level tersebut.

“Adanya sentimen eksternal yang masih kuat,” demikian yang diungkapkan analis Pasar Uang Bank Mandiri, Reny Eka Putri ketika dihubungi media, pada Rabu (30/5) di Jakarta.

Reny juga menjelaskan adanya harapan terhadap data ketenagakerjaan serta data penggajian non-pertanian yang lebih baik di Amerika Serikat masih tinggi. Hal itulah yang membuat dolar AS kembali menguat. Selain itu, menurut Renny kembali adanya permintaan pasar terhadap dolar AS masih tinggi.

“Adanya ekspektasi better US jobs data, NFP yang lebih baik, ditambah demand USD as safe heaven currency masih tinggi,” demikian katanya.

Di bursa saham Indonesia telah mengalami rally pada Senin (28/5) yang diakibatkan adanya sentimen eksternal dan domestik. Bank Indonesia juga menyatakan akan melakukan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia tambahan pada 20 Mei 2018.

pelaksanaan RDG ini dilaksanakan dengan tujuan bila ada perkembangan baru dan memerlukan respon yang lebih cepat atas ketidakstabilan pasar pada saat ini.

Pelaksanaan RDG tambahan itu rencananya membahas kondisi ekonomi dan moneter terkini dan prospeknya ke depan. Bank Indonesia menyatakan akan terus meningkatkan pengawasannya serta mitigasi terhadap potensi capital otuflow yang bisa mendepresiasi rupiah, terutama menjelang FOMC pada 14 Juni 20118 mendatang.

Kebijakan untuk melakukan stabilisasi pasar juga akan dilakukan oleh Bank Indonesia yang merupakan pihak berwenang. Hal itu termasuk di dalamnya melakukan pengendalian nilai tukar rupiah serta langkah antisipasi di sepanjang tahun 2018, pada Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 30 Mei 2018 kemarin.

(Sumber : https://www.antaranews.com/berita/714471/rupiah-kembali-tembus-level-rp14000-per-dolar-as)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *