Mendag Menyatakan Harga Beras di Pasaran sudah sesuai dengan HET

Menteri Perdagangan Enggartiastuto Lukito

SuaraDemokrasi.com – Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukito, menyatakan bahwa pantauan di lapangan di dua pasar yang berbeda di Cirebon, Jabar, harga beras telah dijual sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET).

“Setelah melakukan pantauan di Pasar Kramat dan Pasar Kanoman, di Cirebon beras mediun dijual dengan harga Rp 9000 per kilogramnya. Hal tersebut tentunya telah mengikuti ketentuan harga eceran tertinggi,” demikian kata Enggar di Cirebon, pada Selasa (29/5).

Mendag juga mengatakan bahwa pemerintah telah berupaya untuk menjaga harga beras medium tetap berada di kisaran Rp 8900/ kilogram. Hal ini perlu dilakukan supaya beras tetap terjangkau oleh masyarakat. Sementara itu, untuk harga beras premium dari berbagai merk, terpantau harganya stabil. Dimana dijual dengan harga berkisar antara Rp 11.000 – Rp 12.000 per kilogram.

Kementrian Perdagangan, melalui Permendag Nomor 57/M-DAG/PER/8/2017 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Beras, mengatur bahwa beras medium dijual dengan batasan harga setinggi-tingginya di harga Rp 9450/ kilogram.

Selain mengatur harga beras medium, di dalam peraturan tersebut juga mengatur harga beras premium yang dijual dengan batasan harga Rp 12.800 per kilogram di wilayah Jawa, Lampung, dan Sumatra Selatan.

Menurut, Enggartiasto, tidak ada permasalahan jika dijual dengan harga di bawah HET. Selain melakukan pantauan terhadap harga beras, Mendag juga memantau harga gula pasir yang terpantau di bawah HET dengan harga jual Rp 12.000/ kilogram. Sedangkan HET gula pasir adalah Rp 12.500 per kilogram.

Begitu pula harga minyak goreng juga terpantau stabil yakni Rp 11.000 per kilogram. Mendag pun juga memastikan bahwa harga-harga kebutuhan pokok semuanya aman begitupula dengan stok yang tersedia.

(Sumber : https://www.antaranews.com/berita/714387/mendag-harga-beras-sudah-sesuai-het)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *