Keterlibatan Pemuda Daerah Sangat Penting dan Ditekan pada Acara Kirab Pemuda

Kirab pemuda 2018

SuaraDemokrasi.com – Kirab Pemuda merupakan rangkaian perjalanan 100 wakil pemuda dari seluruh provinsi di Indonesia. Di acara kirab tersebut akan melewati dari Sabang sampai Merauke. Pelaksanaannya akan dimulai pada 5 September 2018 mendatang dan aka mempertemukan seluruh pemuda di Indonesia.

Hal tersebut telah disampaikan oleh Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Faisal Abdullah ketika usai membuka rapat koordinasi teknis Kirab Pemuda. Dalam rapat tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dari seluruh Indonesia, pada Kamis (24/5) yang bertempat di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Menurut Faisal, acara Kirab Pemuda 2018 akan berlangsung pada 5 September 2018 di Sabang dan juga di Merauke. Dalam pelaksanaannya dibagi menjadi zona barat dan zona timur dan para peserta akan melintasi seluruh provinsi baik menggunakan pesawat maupun kapal laut. Ditambahkan kembali oleh Faisal, nantinya di tiap provinsi para peserta akan menginap selama 2 malam di perumahan warga setempat. Mereka akan bekerja bersama-sama di daerah setempat untuk melaksanakan berbagai aktivitas kepemudaan, kreativitas, dan kerelawanan.

Dirinya juga berharap bahwa pada tahun ini, Kirab Pemuda memiliki kegiatan yang bervariasi serta tidak monoton. Seperti misalnya di provinsi yang satu mengadakan kegiatan diskusi sebagai agendanya, jangan sampai kegiatan serupa juga dilakukan provinsi lainnya. Sementara itu kegiatan ini telah didukung 21 kementrian dan lembaga yang akan memberikan kegiatannya masing-masing.

Saat memberikan arahan kepada perwakilan Dispora seluruh Indonesia dia menyampaikan bahwa tahun ini perlu diberikan keamanan peserta kirab. Selain itu, dia juga meminta perlu ada keterlibatan dari alumni Kirab Pemuda tahun lalu dan juga organisasi-organisasi kepemudaan di daerah seperti misalnya KNPI, HMI, PMII, dan lain sebagainya.

Ditegaskan pula Faisal Abdullah bahwa jangan sampai terjadi adanya keluhan dari para pemuda yang tak dilibatkan. Tidak lupa dirinya juga mengingatkan bahwa Kirab Pemuda ini sangat penting untuk dipublikasikan melalui media massa baik itu cetak maupun elektronik. Sekaligus di ajang ini juga menjadi ajang promosi dari perhelatan akbar olahraga se-Asia yakni Asian Games dan Asian Para Games 2018 kepada masyarakat di daerah.

(Sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/di-rakornis-kirab-pemuda-kemenpora-tekankan-pentingnya-keterlibatan-pemuda-daerah.html)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *