Jelang Lebaran, Diperkirakan Pinjaman Karyawan Akan Naik Hingga 30 Persen

Pihak CEO dan Co-founder dari KoinWorks, Benedicto Haryono memberikan prediksinya terkait dengan permintaan karyawan dalam meminjam uang lewat aplikasinya jelang Hari Raya Idul Fitri. Dalam prediksinya pinjaman tersebut mungkin saja akan terus bertambah sampai 30 persen.

SuaraDemokrasi.com – Pihak CEO dan Co-founder dari KoinWorks, Benedicto Haryono memberikan prediksinya terkait dengan permintaan karyawan dalam meminjam uang lewat aplikasinya jelang Hari Raya Idul Fitri. Dalam prediksinya pinjaman tersebut mungkin saja akan terus bertambah sampai 30 persen.

KoinWorks sudah terhubung dengan platform Gadjian dalam menyalurkan pinjaman untuk para karyawan membutuhkan dana pinjaman tanpa harus memakai dana perusahaan. Dikutip dari kompas.com, “Jelang lebaran kemungkinan ada kenaikan 20-30 persen, kenaikan pinjaman,” ujar Benedicto pada saat berada di Gedung Buna Sentra, Jakarta, hari Kamis tanggal (3/5/2018).

Angka yang ada tersebut tentunya akan menurun ketika lebaran tahun ini sudah usai. Angka pinjaman yang dipilih karyawan ini diperkirakan bisa saja kembali naik di peak season pada saat jelang akhir tahun, berkisar dari bulan Oktober serta bulan November.

Aplikasi yang melakukan kerja sama dengan Gadjian tersebut memang sengaja diluncurkan menjelang bulan puasa karena terdapat perkiraan kebutuhan untuk pinjaman karyawan yang nantinya digunakan saat hari raya.

Lebaran adalah sebuah momen yang mana kebutuhan keuangan dalam jangka pendek masyarakat Indonesia akan cenderung lebih meningkat. Dana yang ada tentunya digunakan untuk pulang kampung dan juga untuk berlibur. Dengan keberadaan layanan ini, kata Benedicto, karyawan tak harus pusing dalam mencari biaya tambahan agar bisa liburan panjang.

Dikutip dari kompas.com, “Pinjaman karyawan salah satu tool supaya mereka lebih fokus ke pekerjaan dan produktif,” ujar Benedicto. Sebenarnya KoinWorks ini sudah ada sejak Februari tahun 2018 dalam memberikan pinjaman untuk karyawan, hanya saja baru belakangan ini bekerja sama dengan Gadjian.

Sampai bulan April 2018, terdapat 50.000 pendana yang melakukan hubungan dengan KoinWorks. Dana yang berasal dari mitra tersebut nantinya akan disalurkan kepada para karyawan lewat KoinWorks. Sedangkan Gadjian adalah pihak yang berhubungan secara langsung dengan Human Resource Development dari perusahaan mitra dalam sistem approval pengajuan pinjaman.

Pada Maret 2018, KoinWorks sudah menyalurkan dana sebesar Rp. 130 miliar kepada para peminjam. Rata-rata peminjam hanya mengajukan pencairan dana yang berkisar dari Rp 3 juta higga Rp 4 juta.

Dikutip dari kompas.com, “Tapi sudah ada juga yang pinjam 30 juta,” kata dia. Dari 20.000 lebih permintaan peminjaman yang masuk, KoinWorks menyeleksi mana yang layak diberi pinjaman. Menurut Benedicto, sebagian besar dari mereka tidak di-approve karena kurangnya persyaratan. “Yang di-approve sekitar 30-50 persen kalau yang partnership,” ujar Benedicto.

 

 

Sumber: https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/04/091500326/jelang-lebaran-pinjaman-karyawan-diprediksi-naik-hingga-30-persen

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *