Jakarta Akan Segera Munculkan Mobil Bus Bertenaga Listrik Sebelum Ajang Asian Games 2018

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kini mulai untuk menjajaki penggunaan bus listrik pada Jakarta. PT Transjakarta telah ditunjuk secara langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta yaitu Sandiaga Uno agar bisa memulai proyek ini.

SuaraDemokrasi.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kini mulai untuk menjajaki penggunaan bus listrik pada Jakarta. PT Transjakarta telah ditunjuk secara langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta yaitu Sandiaga Uno agar bisa memulai proyek ini.

Direktur Utama dari PT Transjakarta yaitu Kaliwono memberikan pernyataan bahwasanya pihaknya sudah siap untuk mewujudkan hal tersebut. Kebetulan, beberapa vendor juga telah mulai memberi penawaran bus listrik kepada PT Transjakarta.

Dikutip dari kompas.com, “Transjakarta untuk uji coba (bus listrik) kami siap karena memang beberapa bulan terakhir ini beberapa vendor juga telah menghubungi kami menjajaki bus listrik,” ujar Budi pada hari Kamis tanggal (3/5/2018).

PT Transjakarta juga sudah bersiap, hal ini dimulai dengan membuat sebuah rancangan operasionalnya. Apakah nantinya akan dioperasikan pada koridor atau non-koridor. Sebab bus listrik sangat berbeda dengan bus biasa. Bus listrik diklaim dapat mengangkut penumpang pada jarak yang relatif panjang.

Namun, menurut Budi, pihaknya juga wajib mempertimbangkan aspek kemacetan yang ada di Jakarta. Dengan demikian penentuan terkait dengan rute atau koridor jadi suatu yang penting dalam operasional bus listrik ke depan.

PT Transjakarta pun diharuskan memikirkan masalah mengenai tempat charging bus. Beberapa bus listrik memiliki metode charging berbeda. terdapat beberapa bus yang dapat dioperasikan walaupun dayanya belum diisi penuh namun ada juga bus yang harus terisi penuh dahulu baru dapat beroperasi.

“Nanti setelah kami dapat kepastian tentang jenis dan tipe yang sesuai dengan Transjakarta, kami pasti akan pikirkan (tempat charging-nya),” kata Budi. Sandiaga Uno memberikan target waktu sampai sebebelum ajang Asian Games, bus listrik ini harus sudah untuk dioperasikan pada.

PT Transjakarta siap memenuhi semua tantangan itu. Budi menyatakan sebelum Asian Games akan dilakukan uji coba bus listrik. “Saya sih memperkirakan 5 sampai 10 unit dulu kami uji coba,” kata Budi.

Menurut Budi, tantangan tersebut adalah suatu hal yang justru bagus untuk PT Transjakarta. Bus listrik busa memperkaya moda transportasi yang ada di Jakarta. Jakarta bukan hanya akan mempunyai bus tingkat, bus low entry, dan koridor bus rapid transit namun juga akan memiliki bus listrik.

“Terakhir Jakarta punya bus listrik sebagai moda ramah lingkungan. Pemprov DKI bisa jadi contoh untuk kemajuan Indonesia ke depan,” ujarnya.

 

 

 

Sumber: https://megapolitan.kompas.com/read/2018/05/04/08325171/tantangan-jokowi-dan-munculnya-cita-cita-bus-listrik-di-jakarta

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *