Bank Indonesia Menyiapkan Dana Rp 3 Triliun Uang Baru untuk Kebutuhan Lebaran 2018 di Kepulauan Riau

Bank Indonesia

SuaraDemokrasi.com – Bank Indonesia cabang Kepulauan Riau telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 3Triliun. Uang baru baru ini disiapkan bagi masyarakat Kepri yang ingin menukarkan uang lama ke uang ketika hari raya tiba.

Tidak hanya ketersediaan uang baru saja yang disiapkan Bank Indonesia. Bank Indonesia Kepri memberikan pelayanan berbagai kebutuhan sekaligus membuat kebijakan yang tujuannya untuk mendorong lancarnya sistem pembayaran selama Idul Fitri nanti. Disebut oleh Kepala Kantor Bank Indonesia Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, bahwa kebutuhan uang tunai pada tahun ini tidak hanya dipengaruhi akan hari raya Idul Fitri saja. Melainkan juga bertepatan dengan liburan sekolah yang cukup lama waktunya.

Dijelaskan oleh Gusti Raizal Eka Putra, bahwa ketika melakukan transaksi keuangan yang menggunakan uang baru selama Idul Fitri merupakan sebuah tradisi yang sejak dilakukan. Oleh karena itu, Bank Indonesia sebagai bank yang mengeluarkan uang selalu memberikan layanannya dengan menyediakan uang baru bagi masyarakat yang ingin menukarkan.

Meski demikian, tambahnya, dia juga menghimbau supaya masyarakat jangan terpaku dengan pola transaksi uang tunai. Saat ini pihaknya sedang mencoba untuk mengenalkan tentang manfaat dari transaksi non tunai ketika Idul Fitri tiba. Hal ini menurutnya supaya lebih aman dan pastinya lebih praktis.

Peredaran uang kartal terbanyak dalam skala nasional terjadi saat bulan suci Ramadhan dan juga Idul Fitri. Hal tersebut berlaku secara nasional karena juga dibarengi dengan adanya pembagian THR di seluruh Indonesia.

Persediaan uang tunai yang besarnya Rp 3 triliun ini untuk wilayah Kepulauan Riau ini terus meningkat dari tahun sebelumnya, yang hanya Rp 2,4 triliun. Pada lima tahun terakhir terjadi peningkatan uang tunai sebesar 13,9%. Di tahun 2018 ini, terjadi peningkatan secara nasional yang mencapai 15,53%. Itu berarti jumlahnya meningkat mencapai Rp 188,2 triliun dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 163,2 triliun.

Bank Indonesia cabang Kepulauan Riau juga melayani kas titipan. Layanan ini untuk memudahkan laju perbankan demi memenuhi kebutuhan akan uang tunai. Layanan kas titipan ini akan dibuka di Kota Tanjungpinang, Kabupaten Karimun dan Kabupaten Natuna.

(Sumber : https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/23/193800226/di-kepri-bi-siapkan-rp-3-triliun-uang-baru-untuk-lebaran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *