Bangkitkan Ekonomi Masyarakat dengan Meluncurkan Program “Bekerja”

Program Bekerja

SuaraDemokrasi.com – Andi Amran Sulaiman, Menteri Pertanian Kabinet Kerja mengatakan bahwa program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) adalah salah satu upaya untuk membangkitkan ekonomi masyarakat di Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Pertanian telah berkeliling di beberapa desa di Indonesia untuk memberikan bantuan ayam secara langsung kepada masyarakat prasejahtera. Kegiatan tersebut dalam rangka program Bekerja yang dicanangkannya. Secara keseluruhan telah ditotal sebanyak 10 juta ekor ayam dan menggunakan anggaran sebesar 2 triliun rupiah. Pernyataan tersebut diungkapkan di sela-sela kesibukannya saat meluncurkan Program Bekerja di Desa Sukogidri, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada Rabu (23/5).

Di Jember, sektor pertanian menjadi tulang punggung perekonomiannya. Disebutkan dari sektor pertanian, telah menyumbang sebanyak 30,25 % terhadap PDRB yang didasarkan pada data BPS tahun 2017. Dengan demikian, sektor pertanian harus selalu mengalami pertumbuhan yang baik dan lebih baik dari sebelumnya. Pasalnya sektor ini memiliki daya ungkit yang begitu besar untuk ekonomi di masyarakat mengingat mayoritas penduduknya adalah petani.

Menurut data BKKBN ada 295.291 rumah tangga di Jember termasuk dalam kategori pra sejahtera. Jumlah tersebut tersebar di 31 kecamatan, di Kabupaten Jember. Dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, angka kemiskinan tertinggi ada di Kabupaten Jember dan disusul di urutan kedua adalah Kabupaten Bondowoso. Rumah Tangga Miskin yang ada di sektor pertanian berjumlah 140.544 atau 48% dari total rumah tangga prasejahtera yang tersebar di 3 kecamatan dan 30 desa di Jember.

Jember menjadi lokasi kelima yang menjadi sasaran Program Bekerja setelah Kabupaten Cianjur, Magetan, Purbalingga, dan Bondowoso. Menurut penilaian Menteri pertanian, upaya pemkab Jember untuk mengurangi kemiskinan di daerahnya cukup baik. Bupati Farida begitu peduli terhadap warga tak mampu. Namun, hal itu juga perlu upaya lanjutan sebagai pendorong supaya angka kemiskinan terus berkurang.

Andi Amran juga mengharapkan dengan adanya kolaborasi Program Bekerja Kementan ini mampu membangkitkan ekonomi di level masyarakat prasejahtera berkelanjutan. Dengan begitu juga akan diharapkan tidak ada lagi warga miskin di tanah subur yang dimiliki Kabupaten Jember, demikian seperti yang dinyatakan oleh Menteri Pertanian, Rab (23/5).

(Sumber : https://www.antaranews.com/berita/712783/mentan-program-bekerja-bangkitkan-ekonomi-masyarakat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *