Api Asian Games yang Diambil di India akan Menjadi Peristiwa Simbolik

Duta Besar Indonesia untuk India

SuaraDemokrasi.com – Api obor Asian Games 2018 yang akan diambil di India, prosesinya akan menjadi suatu peristiwa yang simbolik. Pasalnya prosesi tersebut diselenggarakan di Stadion Nasional Dhyan Chand, yang berdekatan dengan India Gate, demikian ungkap Duta Besar RI untuk India, Sidharto R. Suryodipuro.

India Gate sendiri merupakan sebuah monumen nasional yang letaknya di jantung kota New Dehli. Monumen tersebut dibangun guna memperingati puluhan ribu tentara India yang gugur mendukung Britania di dalam Perang Dunia I.

Pasca kemerdekaan India, bangunan peringatan ditambahkan di lokasi tersebut. Bangunan tambahan tersebut adalah Amar Jawan Jyoti yang artinya api gelora tentara abadi. Dimana bangunan itulah untuk mengenang para tentara yang tak dikenal ketika gugur pada saat perang Indo – Pakistan pada Desember 1971.

Menurut Sidharto, nanti akan ada tim dari Indonesia yang akan bertandang ke India untuk mengambil api. Dan prosesi pengambilan api ini akan menjadi sebuah kegiatan yang cukup simbolik. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Sidharto secara khusus oleh tim dari Antara di Jakarta, Senin (28/5).

Saat ini pihak RI dan India masih menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan prosesi pengambilan api obor Asian Games 2018. Dimana prosesi tersebut akan melibatkan atlet dari kedua negara. Dimana nantinya api akan diestafetkan oleh atlet India kemudian dilanjutkan oleh atlet dari Indonesia.

Api Asian Games 2018 ini mulai dinyakan dengan menggunakan cermin parabola yang diarahkan ke sinar matahari pada 15 Juli di Stadion Nasional Dhyan Chand. Selanjutnya akan dibawa dalam pawai budaya dengan panjang 3 km melewati tempat-tempat bersejarah di India.

Pihak panitia penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) tetap meneruskan tradisi yang telah ada sejak Asian Games 2014 di Incheon yang berkaitan dengan api obor Asian Games. Sejak 4 tahun lalu, obor Asian Games dinyalakan di lokasi pertama kali Asian Games digelar di tahun 1951, di Stadion Nasional Dhyan Chand.

Kemudian api obor ini akan dibawa dengan menggunakan pesawat udara khusus pada 18 Juli menuju Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Tempat tersebut memiliki api abadi yang telah dikenal sejak jaman kerajaan di Nusantara. Pawai obor Asian Games 2018 akan melintasi Pulau Jawa, Bali, NTB, hingga Papua Barat. Kemudian berlanjut ke Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan menyeberang ke Pulau Sumatra yang startnya dari Aceh.

(Sumber : https://www.antaranews.com/berita/714372/pengambilan-api-asian-games-di-india-akan-jadi-peristiwa-simbolik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *