Tidak Adanya Strategi Jelas untuk Tingkatkan Produksi Kopi Indonesia

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/26/152420126/indonesia-tak-punya-strategi-jelas-untuk-meningkatkan-produksi-kopi

SuaraDemokrasi.com – Berdasarkan data pemerintah pertumbuhan produksi kopi di Indonesia meningkat hingga 6,3 persen dalam lima tahun terakhir.

Namun sayangnya Indonesia dinilai masih belum ada strategi yang jelas untuk mengembangkan produksi kopi, terutama pemanfaatan lahan yang ada untuk meningkatkan hasil produksi.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perkonomian Darmin Nasution juga sangat menyayangkan hal tersebut lantaran kopi saat ini telah menjadi salah satu komoditas yang penting di tengah masyarakat.

Darmin juga menilai, meski telah banyak keberadaan kedai kopi belum bisa menjadi pendorong atas meningkatnya hasil produksi kopi dalam negeri.

Sebagaimana dikutip dari laman Kompas.com, saat acara peluncuran Buku Peta Jalan Kopi dengan judul Arah Kebijakan Kopi Indonesia Menghadapi Tantangan Kompetisi, Perubahan Iklim, dan Kondisi Kopi Dunia yang bertempat di Graha Sawala, Gedung Ali Wardhana, Jakarta, Kamis (26/04/2018), Darmin mengatakan, “Dengan luas perkebunan yang mencapai 1,2 hektar, Indonesia belum memaksimalkan produktivtas lahannya.”

Indonesia sendiri saat ini masih berada pada tingkat keempat di dunia sebagai penghasil kopi terbesar setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia.

Hal tersebut karena disebabkan oleh minimnya produktivitas kebun kopi di Indonesia dibandingkan ketiga negara tersebut. Dengan total luas perkebunan kopi yang mencapai 1,2 juta hektar, produktivitasnya hanya sebesar 500 kilogram per hektar.

Fakta tersebut sangat jauh jika dibandingkan dengan Vietnam yang mampu menghasilkan kopi sebanyak 2,7 juta ton per hektar dengan total luas kebun kopi hanya 630.000 hektar saja.

“Untuk itu pemerintah berupaya untuk menggerakkan kepedulian lebih terhadap kopi dengan cara mengembangkan bibit kopi dengan baik, melakukan penanaman bibit kopi yang tepat untuk jenis tertentu sesuai dengan keadaan wilayah di Indonesia dan memperbaiki produktivitas kopi melalui buku Roadmap Kopi,” ujar Darmin.

Buku Roadmap Kopi tersebut disusun untuk mengumpulkan berbagai informasi yang komprehensif terkait kondisi kopi baik secara domestik maupun global.

Buku tersebut juga mengupas semua seluk beluk dunia kopi dari hulu hingga hilir dan strategi yang perlu dilakukan untuk mengembangkan potensi kopi di Indonesia.

“Saya berharap kehadiran buku ini juga menjadi gambaran atas kondisi sebenarnya dari komoditas kopi di Indonesia guna bersaing di massa mendatang,” pungkasnya.

Sumber: https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/26/152420126/indonesia-tak-punya-strategi-jelas-untuk-meningkatkan-produksi-kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *