Saat Pencoblosan Pemilih Diwajibkan Sertakan e-KTP

Saat hari pencoblosan pada Pilkada serentak 2018, pemilih harus membawa e-KTP atau Surat Keterangan Penduduk. Hal tersebut sesuai dengan imbauan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau.  Imbauan tersebut juga berlaku pada Pemilu 2019 mendatang.

SuaraDemokrasi.com – Saat hari pencoblosan pada Pilkada serentak 2018, pemilih harus membawa e-KTP atau Surat Keterangan Penduduk. Hal tersebut sesuai dengan imbauan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau.  Imbauan tersebut juga berlaku pada Pemilu 2019 mendatang.

Seperti yang dilansir oleh ANTARA News, Ketua KPU Rokan Hilir Agus Salim di Bagansiapiapi, Kabupaten Rohil, pada Minggu (22/04/18), mengatakan, “Selama ini hanya cukup membawa C6 atau undangan dan ditetapkan dalam pemilu boleh memilih, tetapi kedepannya (pemilihan berikutnya) tidak lagi. Artinya harus membawa e-KTP atau Surat Keterangan (Suket).”

Agus juga mengatakan, mengenai persoalan itu sebenarnya sudah disampaikan kepada pemerintah daerah setempat melalui Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Rohil, serta organisasi masyarakat, partai politik, organisasi kepemudaan dan tokoh masyarakat untuk menyampaikan hal tersebut kepada seluruh masyarakat.

“Ini kan persoalan-persoalan undang-undang regulasi baru yang harus disampaikan kepada masyarakat. Saya kira itu yang harus disosialisasikan kepada masyarakat,” ujar Agus.

Dalam acara Menyongsong Satu Tahun Pemilu 2019 pihaknya pun sudah menggelar Pentas Seni dan Budaya Nusantara yang diselenggarakan di halaman Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Rohil, pada Sabtu malam (21/04/2018).

Agus juga menambahkan, dalam acara Pagelaran Seni dan Budaya tersebut juga bertujuan untuk mengingatkan masyarakat bahwasanya pada tahun 2019 nanti akan ada perhelatan Pemilu yang mencakup Pemilihan DPD, DPR, DPRD, serta Pemilihan Presiden.

Agus Salim pun melanjutkan, “Ini merupakan sosialisasi awal dan ke depan akan kita adakan sosialisasi kepada masyarakat dalam berbagai bentuk. Termasuk juga pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau dalam waktu dekat juga akan kita lakukan sosialisasi. Saya kira sosialisasi seperti itu lebih efektif yang diisi dengan berbagai kegiatan dan kemudian kita sampaikan pesan-pesan Pemilu kepada masyarakat.”

Sementara itu, acara Pentas Seni dan Budaya Nusantara disambut baik oleh Plt Bupati Rohil Jamaludin. Ia juga mengapresiasi kegiatan tersebut yang telah diselenggarakan oleh KPU setempat.

“Pada intinya kita ingin partisipasi masyarakat Rohil dalam Pemilu minimal 85 persen, begitu juga dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau nanti,” pungkasnya.

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/703751/kpu-pemilih-harus-membawa-e-ktp-saat-pencoblosan

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *