Pertemuan Komisi Bersama Indonesia-Vietnam

Indonesia dan Vietnam kembali mengadakan pertemuan ke-3 tingkat pejabat senior Komisi Bersama untuk Kerja Sama Bilateral (JCBC) yang bertempat di Kementerian Luar Negeri Vietnam, Hanoi, Senin (16/04/2018)

SuaraDemokrasi.com – Indonesia dan Vietnam kembali mengadakan pertemuan ke-3 tingkat pejabat senior Komisi Bersama untuk Kerja Sama Bilateral (JCBC) yang bertempat di Kementerian Luar Negeri Vietnam, Hanoi, Senin (16/04/2018).

Pada pertemuan Komisi Bersama dengan mitra sejawatnya tersebut telah menjadwalkan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi untuk memimpin delegasi Indonesia. Sedangkan untuk Vietnam menugaskan Deputi Perdana Menteri yang juga Menteri Luar Negeri Vietnam, Pham Binh Minh, pada hari Selasa (17/04/18).

Sebelum pertemuan untuk para pejabat senior tersebut, seperti yang dilansir ANTARA News, Dubes RI untuk Vietnam Ibu Hadi memimpin rapat koordinasi di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Hanoi yang mana akan dihadiri oleh para pejabat dari kementerian terkait.

Agenda pertemuan tersebut, berdasarkan informasi yang diperoleh Antara News, menyebutkan para pejabat senior yang dipimpin oleh Denny Abdi, penjabat Dirjen Urusan Asia-Pasifik dan Afrika, bertukar pandang mengenai hubungan bilateral diberbagai bidang, seperti kerja sama pertahanan dan keamanan, politik, kerja sama maritim dan perbatasan, kontak antar individu, kerja sama perdagangan dan ekonomi, hal-hal yang terkait hukum serta konsuler.

Para pejabat senior tersebut juga bertukar pandangan terkait isu-isu baik regional maupun internasional mengenai kerja sama ASEAN, kerja sama Indo-Pasifik dan konektivitas, Laut China/Timur, serta membahas untuk pertemuan JCBC yang ke-4 nanti.

Kedua negara tersebut (Indonesia – Vietnam) mengakui betapa pentingnya terus menjajaki berbagai bidang kerja sama yang tentunya lebih menguntungkan dan lestari, mengingat Vietnam sendiri merupakan negara tetangga Indonesia yang juga telah menjadi mitra strategis dari tahun 2013 sekaligus anggota ASEAN.

JCBC ke-3 2018 tersebut berlangsung selang beberapa bulan dari kunjungan resmi Sekretaris Jendral Partai Komunis Nguyen Phu Trong ke Indonesia. Adapun tujuan dari kunjungan Trong tersebut untuk meningkatkan kerja sama Indonesia dan Vietnam diberbagai bidang khususnya bidang perdagangan dan investasi, isu-isu regional, dan perbaikan kerja sama pada sektor kemaritiman dan perikanan.

Selama lawatan resminya ke Indonesia beberapa bulan lalu, Trong juga bertemu dengan pimpinan DPR, DPD, serta MPR. Selain itu, Trong pun turut diundang untuk berbicara di forum bisnis dan akademis.

Sumber: ttps://www.antaranews.com/berita/702017/indonesia-dan-vietnam-adakan-pertemuan-komisi-bersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *