Persiapan Untuk Mudik Tol Bocimi Segera Dirampungkan

dituturkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa bahwa penggarapan Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) untuk seksi satu atau pada rute Ciawi-Cigombong sudah diprediksi bisa digunkan untuk mempermudah arus mudik Lebaran Idul Fitri Tahun 2018 yang akan datang kurang lebih 2 bulan dari sekarang.

SuaraDemokrasi.com – Dikutip dari sebuah laman ANTARA News, dituturkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa bahwa penggarapan Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) untuk seksi satu atau pada rute Ciawi-Cigombong sudah diprediksi bisa digunkan untuk mempermudah arus mudik Lebaran Idul Fitri Tahun 2018 yang akan datang kurang lebih 2 bulan dari sekarang.

Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa juga mengatakan awal pekan ini, di Bandung Senin (09/04/18) “Dari Badan Usaha Jalan Tol Bocimi sudah memberikan laporan pada saya terkait kesiapan seksi satu untuk dilintasi lalu lintas saat mudik. Jadi, InshaAllah sudah siap, kemarin saya juga sudah berkoordinasi pekan depan mudah-mudahan kita cek kembali.”

Berdasarkan laporan Badan Usaha Jalan Tol, menurutnya telah diketahui bahwasannya untuk pembangunan ruas seksi satu rute Ciawi-Cigombong sudah mencapai hampir 100 persen untuk keadaan fisiknya. Kendati demikian, pihaknya bersama para tim dirasa masih sangat perlu melihatnya secara langsung ke lapangan terkait pada kesiapan jalur yang berada di area mulut Tol Jagorawi arah Ciawi tersebut.

“Jadi baru Ciawi-Cigombong, tapi pastinya kesiapan untuk arus mudik harus tetap dicek lagi ke lapangan,” tandas Sekda Provinsi Jawa Barat Iwa Kurniwa.

Iwa Juga mengungkapkan bahwa untuk tahapan pembebasan lahan-lahan sudah dilewati semua untuk area satu Tol Bocomi tersebut. Meskipun sebelumnya masalah pembebasan lahan cukup alot dan menyita waktu mulai dari tanah wakaf hingga banyak persoalan lahan warga.

Ia pun melanjutkan, bahwa bukan hanya persoalan pembebasan lahan, melainkan juga persoalan lain seperti pemindahan jaringan utilitas pada sejumlah instansi seperti pipa gas, PDAM hingga jalur kereta api. Tahun lalu pun pembangunan fisik pada seksi satu ini juga melalui hambatan karena cuaca yang terus terguyur hujan, sehingga lahan sulit dangkal.

Pihak Pemprov Jawa Barat, ujar Iwa perlu diperhatikan lebih agar jalan tol yang telah mangkrak cukup lama ini dapat segera digunakan meskipun bertahap dari seksi satu dahulu. “Masyarakat juga sudah lama menunggu (Tol Bocami). Karena kemacetan pada seksi satu ini paling parah, sehingga kalau tuntas akan sangat memudahkan,” ujar Iwa.

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/699764/tol-bocimi-siap-digunakan-untuk-mudik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *