Pernyataan SBY Singgung Mengenai Keberhasilan Dari UU Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta

Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab disapa SBY ini menyinggung mengenai keberhasilan dirinya dalam melahirkan sebuah Undang-undang keistimewaan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada saat acara pelantikan DPD/DPC Partai Demokrat. Acara tersebut berlangsung di JEC atau Jogja Expo Centre.

SuaraDemokrasi.com – Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab disapa SBY ini menyinggung mengenai keberhasilan dirinya dalam melahirkan sebuah Undang-undang keistimewaan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada saat acara pelantikan DPD/DPC Partai Demokrat. Acara tersebut berlangsung di JEC atau Jogja Expo Centre.

“Saya sangat bersyukur atas kehadiran Tuhan yaitu Allah SWT, sebab saya bisa memimpin Indonesia sebagai presiden, sehingga sejak Indonesia merdeka kita semua bisa menerbitkan UU terkait dengan keistimewaan di DIY” ujar SBY, yang dikutip dari antaranews.com regional Yogyakarta.

Menurut SBY adanya UU Nomor 13 pada tahun 2012 mengenai Keistimewaan di DIY juga melewati proses penggodokan panjang. Bahkan hal ini juga dirasa tidak pernah luput karena campur tangan darinya.

UU Keistimewaan DIY ini memuat 16 bab serta 15 pasal, yang mana di dalamnya mengatur adanya aspek keistimewaan. Aspek tersebut adalah tentang pengisian atas jabatan kepala daerah untuk wilayah DIY melalui penetapan DPRD, kelembagaan dari pemerintah DIY, sektor pertanian, sektor kebudayaan dan juga tata ruang DIY.

SBY juga menyatakan bahwa UU Keistimewaan untuk DIY ini menjadi suatu bukti bahwa peran serta dirinya mendapatkan perhatian secara khusus baik itu untuk kesejahteraan maupun untuk kemajuan dari masyarakat DIY.

“Hal ini menjadi bukti bahwa saya sebagai kader dari Partai Demokrat juga memberikan perhatian yang penuh dan juga memikirkan desain dari struktur tatanan untuk pemerintah yang berlaku di DIY dalam bentuk sebuah UU Keistimewaan” sahut beliau dari kutipan antaranews.com regional Yogyakarta.

SBY juga menghimbau kepada semua kader dari Partai Demokrat Cabang DIY dapat mengawal dan juga memberikan bantuan pada pemerintah setempat untuk mengimplementasikan amanat yang ada dalam UU Keistimewaan tersebut.

“Sebuah hal yang hukumnya wajib untuk semua kader Partai, pada saat pemimpin utamanya jadi presiden dan juga melahirkan sebuah UU Keistimewaan ini agar bisa mengawal dan juga membantu pemerintah daerah setempat supaya UU bisa membawa berkah dan dapat memberikan perubahan pada keadaan” ujarnya

SBY menghadiri pelantikan di Cabang DIY ini didampingi oleh istrinya yaitu Ani Yudhoyono dan juga kedua putranya dan juga semua jajaran dari pengurus DPP Partai Demokrat.

 

Sumber: https://jogja.antaranews.com/berita/354911/sby-singgung-keberhasilannya-melahirkan-uu-keistimewaan-diy

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *