Penilaian Dokter dari Rumah Sakit Medika Bahwa Setya Novanto Berada Dalam Keadaan Yang Baik-Baik Saja

Mohamad Toyibi selaku dokter spesialis penyakit jantung di Rumah Sakit Medika Pertama Hijau memberikan penilaian kepada mantan Ketua SPR yang bernama Setya Novato yang mana SN masih baik-baik saja atau tidak dalam sebuah keadaan yang darurat ketika di bawa ke RS Medika.

SuaraDemokrasi.com – Mohamad Toyibi selaku dokter spesialis penyakit jantung di Rumah Sakit Medika Pertama Hijau memberikan penilaian kepada mantan Ketua SPR yang bernama Setya Novato yang mana SN masih baik-baik saja atau tidak dalam sebuah keadaan yang darurat ketika di bawa ke RS Medika.

Dikutip dari antaranews.com “Saya memeriksa pasien yang berada di lantai 3 tepatnya 17 November 2017, lalu saya memeriksa pasien tersebut dan ternyata tidak ditemukan masalah di dalam jantungnya. Setelah dilihat dari ektrokardiogram atau EKG-nya menunjukkan suatu keadaan yang baik dan bukan sebuah keadaan yang darurat.” kata dokter Toyibi pada saat untuk kasus tindak pidana korupsi SN di Jakarta hari Senin, 2 April 2018.

Mohamad Toyibi juga memberikan sebuah aksi untuk dokter dari RS Medika yaitu dokter Bimanesh Sutarjo selaku terdakwa atas tindakan kerja sama bersama advokat bernama Ferdrich Yunadi untuk menghindarkan SN diperiksa pada perkara kasus dugaan tindakan pidana korupsi EKTP.

“Ketika diperiksa keadaannya SN hanya ada luka lecet saja, jika tidak salah berada pada bagian kening kiri” ungkap Toyibi yang melakukan pemeriksaan kepada SN sehari pasca SN masuk ke RS Medika di 16 November 2017.

Kala itu, perban dari SN masih menempel. Dalam sidang kasus korupsi Senin 2 April 2018, seorang perawat bernama Astuti juga pernah memberikan saksi dimana SN juga meminta dahinya di perban walaupun luka yang ada hanya lecet dan pada dasarnya tidak memerlukan perban.

“Pada saat saya lihat ternyata lukanya terbuka, memang terdapat perban tetapi menyingkap. Perban yang ada ini tidak sama dengan perban sungguhan dan hanya seperti tempelan saja. Yang saya lihat seperti itu, bahkan juga tidak ditemukan benjolan,” ungkap Toyibi.

Selanjutnya Toyibi membuka baju dari SN dan memeriksa bagian dada, ia juga memberikan pendapat dada SN masih baik dan tidak menunjukkan masalah apapun.

Pada saat diperiksa KPK dokter Mohamad Toyibi juga memberikan penjelasan bahwasanya SN tidak memiliki masalah pada jantung. Bahkan pasien juga sedang dalam kondisi sadar. Pasca Toyibi keluar untuk menunaikan salat jumat SN sudah akan dipindahkan ke RSCM.

 

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/699737/dokter-rs-medika-nilai-setya-novanto-tidak-dalam-keadaan-darurat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *