Pemerintah Segera Kembangkan Program DP 0 Untuk ASN, TNI dan Polri

SuaraDemokrasi.com – Program DP 0 dan kemudahan-kemudahan lainnya akan diluncurkan oleh Pemerintah untuk aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polisi Republik Indonesia (Polri)  dalam hal pembelian rumah melalui kredit pemilikan rumah. Program ini dibahas dalam rapat terbatas dengan Presiden di Istana Negara, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyampaikan gagasan tentang KPR dengan uang muka / down payment nol rupiah sebagai kemudahan dari Pemerintah bersama Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Itu kan hasil ratas kemarin. Skemanya sudah siap dan tinggal sosialisasi,” ungkap Bambang di kantornya, Selasa (17/4/2018).

Selain itu, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjenogoro menyampaikan bahwa pemerintah akan memberikan masa waktu cicilan atau tenor dalam waktu yang lebih panjang dengan bunga yang lebih rendah dari KPR biasanya.

“Jadi kalau KPR biasanya 15 tahun, ini bisa 30 tahun dan bisa melewati usia pensiun, sehingga ini akan meringankan ASN, TNI, Polri apabila mereka ingin punya rumah,” jelasnya.

Terkait dengan adanya Tapera (Tabungan Perumahan Rakyat), Bambang menjamin bahwa program DP 0 ini tidak berbenturan karena Tapera ditargetkan untuk Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Sedangkan untuk ASN, TNI, Polri berpenghasian di atas MBR.

“Tapera dan Asabri kita dorong supaya enggak ada DP, tingkat bunganya relatif lebih baik dari bunga market dan cicilannya lebih panjang, bisa sampai 30 tahun,” jelasnya.

Program ini bersifat opsional, ASN, TNI, Polri boleh memanfaatkannya untuk memudahkan mereka memiliki rumah. Pengembaliannya menggunakan sistem payroll dimana gaji ASN, TNI, Polri yang memanfaatkan program ini akan dipotong secara langsung oleh Bank BUMN penyalur KPR.

Sumber :

  • https://economy.okezone.com/read/2018/04/17/470/1887890/pns-yang-belum-punya-rumah-bisa-ajukan-kpr-dp-rp0
  • https://economy.okezone.com/read/2018/04/17/470/1887903/rumah-tanpa-dp-untuk-pns-tenor-30-tahun-dan-bunga-rendah
  • https://economy.okezone.com/read/2018/04/17/470/1887913/dp-rumah-rp0-untuk-pns-tinggal-sosialisasi
  • http://republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/18/04/17/p7c1aj382-kpr-dp-nol-rupiah-disiapkan-untuk-asn-tni-dan-polri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *