Pemakaian Blockchain Dapat Meningkatkan Revolusi Industri Dari Perkapalan Dunia

Peran globalisasi berhasil membawa perdagangan dunia pada sebuah tahap yang paling mutakhir pada masa sekarang. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya kapal-kapal yang mengangkut barang paling cepat dan paling besar, serta pelabuhan yang dioperasikan oleh robot bahkan juga pelacakan kargo dengan komputer canggih. Tapi semua yang ada tersebut membutuhkan adanya kertas sebagai dokumen.

SuaraDemokrasi.com – Peran globalisasi berhasil membawa perdagangan dunia pada sebuah tahap yang paling mutakhir pada masa sekarang. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya kapal-kapal yang mengangkut barang paling cepat dan paling besar, serta pelabuhan yang dioperasikan oleh robot bahkan juga pelacakan kargo dengan komputer canggih. Tapi semua yang ada tersebut membutuhkan adanya kertas sebagai dokumen.

Upaya dalam revolusi industri bagian kapal ini telah dimulai sejak tahun 1990an dimana perusahaan dari perkapalan AP Moeller-Maersk dan perusahaan pengapalan kontainer lainnya mulai memakai teknologi dalam mengontrol kompleksnya jaringan logistik di dunia.

Pada 1960 ketika standar kontainer mulai diperkenalkan, hal yang mendorong adanya globalisasi dan memicu tumbuhnya bisnis lain yang berkaitan dengan bisnis perkapalan. Sebagai contoh adalah pabrikan, asuransi, bank, broker sampai pelabuhan. Dan tautan tersebut tentunya membutuhkan banyak sekali dokumen dan juga platform secara khusus.

yang mana mendorong globalisasi, ada banyak bisnis lain yang bertautan dengan bisnis perkapalan ini. Misal dengan pabrikan, bank, asuransi, broker, hingga pelabuhan.

Untuk mengatasi adanya platform khusus tersebut maka perkapalan mulai melirik sistem blockchains. Dikutip dari kompas.com “Cara ini merupakan inovasi industri semenjak kontainer standar,” kata Rahul Kapoor, seorang analis dari Bloomberg Intelligence negara Singapura.

“Ini membawa transparansi dan efisiensi melalui teknologi.” Kuncinya adalah penggunaan teknologi Blockchain. Teknologi ini membebaskan semua transaksi diverifikasi dengan otonom. Dari penggunaan teknologi berbasis Blockchain ini, keuntungan tidak sekadar dirasakan saja bagi industri perkapalan, namun juga akan meningkatkan adanya komunikasi serta memperpendek masalah dari administrasi.

Pemakaian Blockchain dapat mendatangkan beberapa tambahan sebanyak 1 Triliun Dollar AS di bidang perdagangan global, berdasarkan World Economic Forum. Perusahaan perkapalan yang telah melakukan investasi pada platform berbasis Blockchain ini adalah APL Ltd yang dipunyai oleh CMA CGM SA. Dikutip dari Kompas.com

Perusahaan tersebut melakukan sama dengan Anheuser-Busch InBev NV, Accenture Plc, sebuah organisasi cukai dari Eropa. Bahkan Hyundai Merchant Marine Co yang mencoba teknologi Blockchain memakai sistem yang berasal dari Samsung SDS Co.

 

 

Sumber: https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/23/162030526/penggunaan-blockchain-bisa-merevolusi-industri-perkapalan-dunia

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *