Meski Jokowi Tetapkan Cawapres PDIP Berharap Partai Pendukung Tak kan Mundur

Usai Presiden Joko Widodo menetapkan kandidat calon Wakil Presiden untuk Mendampinginya pada Pemilihan Presiden 2019 yang akan datang, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berharap bahwa tidak akan ada partai pendukung yang mengundurkan diri.

SuaraDemokrasi.com – Usai Presiden Joko Widodo menetapkan kandidat calon Wakil Presiden untuk Mendampinginya pada Pemilihan Presiden 2019 yang akan datang, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berharap bahwa tidak akan ada partai pendukung yang mengundurkan diri.

Seperti dikutip dari ANTARA News, pada Selasa (25/04/18) malam, di Jakarta, usai menghadiri acara Harlah ke-84 GP Ansor, Wakil Sekretaris Jendral DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan, “Saya harap partai pendukung tidak menarik diri setelah Pak Jokowi menentukan Cawapres.”

Ahmad Basarah yang juga Wakil ketua MPR tersebut mengatakan bahwa ada spektrum yang luas bagi partai-partai politik yang kadernya tidak bisa menjadi calon wakil presiden untuk mendampingi Jokowi.

“Banyak spektrum kerja sama yang bisa dilakukan, baik di DPR, MPR, Kementerian dan lain sebagainya,” ungkap Ahmad Basarah.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, sebelumnya juga sempat mengatakan bahwa ia akan patah hati jika tidak terpilih mendampingi Jokowi sebagai Cawapres. Bahkan politikus yang akrab dipanggil Cak Imin tersebut sudah membangun sejumlah posko pendukung, salah satu poskonya yaitu JOIN atau kepanjangan dari Jokowi-Muhaimin.

Berdasarkan hasil pembicaraannya dengan Cak Imin, Basarah juga mengatakan bahwa ia tetap akan optimis PKB akan mendukung Jokowi pasca keputusan final terkait Calon wakil presiden pendamping Jokowi diumumkan.

“Dalam beberapa kali pertemuan saya dengan Cak Imin, saya cukup optimis the end of the decision PKB akan tetap ke Pak Jokowi. Tapi kita tentu menghormati keputusan apapun dari PKB,” terang Basarah.

Menanggapi upaya Muhaimin mendirikan posko dukungan untuk Jokowi menurut Basarah hal tersebut adalah langkah politik yang lumrah yang mesti dilakukan untuk memperoleh tiket sebagai Cawapres Jokowi.

Sementara itu, berbeda dengan pendapat Basarah, Ketua Umum PPP Romahurmuzy dalam acara yang sama berpendapat, alih-alih khawatir dengan partai pendukung Jokowi yang akan menarik diri, ia malah optimis bahwa akan ada tiga partai tambahan, di luar partai politik baru,  yang akan mendeklarasikan dukungannya kepada Jokowi.

Adapun lima partai yang sudah optimis mendukung Jokowi antara lain Nasdem, Golkar, Hanura, PPP, dan PDIP.

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/704495/pdip-berharap-partai-pendukung-tak-mundur-setelah-jokowi-tetapkan-cawapres

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *