Mengenai Laporan Sukmawati, Pihak Polisi Masih Mengumpulkan Keterangan Dari Pelapor

Bareskrim Mabes Polri sudah menerima 22 laporan, yang mana laporan tersebut adalah sebagai dugaan atas penistaan agama dari beberapa pihak dengan orang yang dilaporkan adalah Sukmawati Soekarnoputri.

SuaraDemokrasi.com – Bareskrim Mabes Polri sudah menerima 22 laporan, yang mana laporan tersebut adalah sebagai dugaan atas penistaan agama dari beberapa pihak dengan orang yang dilaporkan adalah Sukmawati Soekarnoputri.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri yaitu Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak memaparkan, bahwasanya saat ini polisi sedang mengumpulkan keterangan pelapor dari beberapa daerah tersebut.

Dikutip dari kompas.com, “Karena para pelapor kan cukup banyak, dan kami mengumpulkan semua laporan,” ujar Herry pada saat berada di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, hari Senin (23/4/2018).

Sampai saat ini, menurutnya total laporan yang diterima oleh Bareskrim Polri sebanyak 22 laporan. Walau sebelumnya, memang ada dua laporan yang dicabut terkait dengan laporan tersebut. Dikutip dari kompas.com, “Seluruhnya 22 (laporan) sementara ini. Tapi kelihatannya akan bertambah,” penjelasan Herry.

Berdasarkan pendapatnya, dari jumlah laporan 22, 19 laporan diantaranya sudah dipanggil oleh pihak Barekrim Mabes Polri untuk dimintai keterangan lebih lanjut. “Sebanyak 19 laporan sudah di-BAP, minta keterangan, kemudian tiga lagi belum,” ujar Herry. Tentang kapan akan melakukan panggilan pada Sukmawati sebagai seorang terlapor, Herry belum dapat memberikan sebuah kepastian.

Menurutnya terdapat sejumlah proses serta mekanisme yang harus ditempuh oleh polisi sebelum memanggil Sukmawati. Dikutip dari kompas.com “Kan itu yang diperiksa banyak tuh, ada saksi tambahan yang berkaitan dengan alat bukti, kemudian keterangan-keterangan yang berkaitan ahli,” penjelasannya.

Ia memberikan penegasan bahwa masih ada berbagai pihak yang akan dipanggil untuk memberikan keterangannya sebelum akhirnya memanggil adik dari mantan presiden Megawati Soekarnoputri itu.

“Jadi ahli yang berhubungan dengan ini, semua akan kita periksa setelah semua keterangan saksi pelapor ini dikumpulkan,” kata Herry. Sebelumnya, Sukmawati memang telah dilaporkan sejumlah pihak terkait kasus puisi yang ia bacakan pada acara peringatan 29 tahun Anne Avantie Berkarya.

Puisi yang dibacakannya tersebut lantas dianggap oleh berbagai pihak sebagai suatu hal yang menistakan agama. Sukmawati sendiri telah minta maaf atas puisi yang sudah ia bacakan. Menurutnya, puisi itu dibuat bukan bermaksud untuk menyakiti perasaan dari pihak tertentu, namun juga supaya anak bangsa tidak melupakan jati dirinya.

 

 

 

Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2018/04/23/19353141/soal-laporan-sukmawati-polisi-masih-kumpulkan-keterangan-pelapor

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *