Komitmen “Marketplace” Dalam Mendorong UMKM Agar Bisa Jualan Secara Daring

Demi bisa mendorong dan juga melakukan peningkatan terhadap sejumlah UKM yang berjualan dengan daring. Hari Selasa tangga 24 April 2018 Kemenkominfo bersinergi bersama tujuh kementerian yang lainnya dalam memunculkan Gerakan Ayo UMKM Jualan Online saat berada di Thamrin City, Jakarta Pusat.

SuaraDemokrasi.com – Demi bisa mendorong dan juga melakukan peningkatan terhadap sejumlah UKM yang berjualan dengan daring. Hari Selasa tangga 24 April 2018 Kemenkominfo bersinergi bersama tujuh kementerian yang lainnya dalam memunculkan Gerakan Ayo UMKM Jualan Online saat berada di Thamrin City, Jakarta Pusat.

Gerakan nasional ini memperoleh tanggapan yang positif bahkan juga dukungan penuh dari enam pelaku bisnis market place paling besar di Indonesia. Mereka diantaranya adalah Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli.com, Shopee, serta Blanja.com. Keenam marketplace ini memiliki komitmen untuk bersinergi bersama pemerintah agar bisa memberikan pendampingan serta pelatihan untuk UMKM agar dapat “naik kelas” dengan berjualan menggunakan cara daring.

Dikutip dari kompas.com, “Sejak awal berdiri kami sebagai market place sebenarnya punya komitmen yang sama dengan gerakan nasional ini yaitu untuk mendorong UMKM berjualan online. Kami senang dengan adanya gerakan ini berarti kedepannya bisa ada sinergi dengan pemerintah untuk melaksanakan komitmen kami tersebut,” penjelasan dari Muhammad Fikri, Head of Community Management dari market place Bukalapak.

Pria yang disapa Bang Fikri tersebut mengatakan sudah dari tahun 2016 Bukalapak telah melakukan berbagai upaya yang untuk mendorong para pelaku UMKM yang sebelumnya berjualan dengan cara offline untuk menjadi seorang Pelapak. Tujuannya adalah agar mereka bisa menjangkau pasar dengan jaringan yang lebih luas serta mengembangkan bisnisnya.

“Ada kegiatan Ngelapak Bareng untuk memfasilitasi UMKM belajar jualan online. Tiap bulan ada kopdar dan gathering di lebih dari 68 kota. Kami juga punya forum Bukalapak, Webinar dan Buka Academy yang bisa dimanfaatkan untuk belajar. Registrasi online, tonton trainer-trainer Bukalapak secara gratis,” penjelasannya lagi.

Sejalan dengan Fikri, Director of Acqusition and Development Lazada Tiffany Sionader juga memberikan pernyataan bahwa sebagai market place Lazada memberikan tanggapan yang baik akan adanya Gerakan Ayo UMKM Jualan Online.

Dikutip dari kompas.com “Ini akan jadi awal untuk meningkatkan awareness masyarakat Indonesia bahwa UMKM sangat berpotensi untuk menjadi backbone perekonomian kita. Sejak lama Lazada pun punya inisiatif yang sama untuk merangkul UMKM, tidak hanya di Jakarta tetapi juga sampai pelosok Indonesia, untuk terjun ke ranah online. Tidak mudah, tetapi kami tahu potensinya sangat besar,” ujar Tiffany.

 

 

 

 

Sumber: https://biz.kompas.com/read/2018/04/25/232718728/komitmen-marketplace-untuk-dorong-umkm-berjualan-secara-daring

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *