Kegiatan Dunia Usaha Indonesia Terus Berlanjut

Bank Indonesia (BI) kembali mengadakan Survei Kegiatan Dunia Usaha dan menyatakan hasil dari ekspansi kegiatan usaha tersebut masih dan akan terus berlanjut, setelah pada triwulan pertama 2018 kinerjanya dalam beberapa sektor terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

SuaraDemokrasi.com – Bank Indonesia (BI) kembali mengadakan Survei Kegiatan Dunia Usaha dan menyatakan hasil dari ekspansi kegiatan usaha tersebut masih dan akan terus berlanjut, setelah pada triwulan pertama 2018 kinerjanya dalam beberapa sektor terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Dalam pemaparannya, di Jakarta, Kamis (12/04/18), seperti pada laman ANTARA News.com, Direktur Eksekutif Kepala Departemen Statistik Bank Indonesia Yati Kurniati mengatakan, “Kegiatan usaha triwulan satu meningkat terutama pada sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan dan perikanan, serta industri pengolahan.”

Yati juga menambahkan, dengan terus membaiknya kegiatan usaha pada setiap sektor tersebut akan terus lanjut dan berlangsung hingga triwulan kedua 2018. Permintaan juga semakin mengalami peningkatan saat menjelang Ramadhan dan Lebaran.

Industri pengolahan menjadi salah satu sektor yang bisa di bisa diproyeksikan akan semakin tumbuh pada triwulan  berikutnya. Industri tersebut mencakup tekstil, makanan minuman dan sembako, logam dasar besi baja, serta barang dari kayu, kertas dan cetakan.

“Mereka melakukan persiapan jelang Lebaran terutama tekstil untuk stok, sebagian sudah distribusi,” ujar Yati.

Tidak hanya sektor industri, ekspansi pada sektor lainnya pada triwulan kedua 2018 diperkirakan akan merambah naik untuk sektor perkebunan, peternakan, kehutanan dan pertanian, khususnya untuk bahan makanan.

Perbaikan pada kinerja dunia usaha sesuai pada Survei BI, tercatat dengan diiringi peningkatan jumlah tenaga kerja pada triwulan kedua 2018 untuk sektor hotel dan restoran, perdagangan, real estate dan jasa perusahaan, dan jasa-jasa maupun keuangan.

Yati juga menjelaskan, “Responden menyampaikan bahwa peningkatan jumlah karyawan tersebut selain didorong oleh peningkatan penjualan juga disebabkan oleh perluasan usaha.”

Dari Survei BI tersebut, dapat disimpulkan, membaiknya kondisi rentabilitas dan likuiditas dunia usaha Indonesia pada triwulan pertama 2018, dengan akses perbankan yang lebih mudah.

Tujuan utama dari penerbitan Survei Kegiatan Dunia Usaha yaitu guna mendapatkan indikasi untuk arah perkembangan dari kegiatan ekonomi pada triwulan tetap berjalan, serta memperoleh informasi dini terkait perkembangan pada kegiatan ekonomi di triwulan mendatang dan memberi arah pada pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB).

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/700809/survei-bi-ekspansi-kegiatan-usaha-terus-berlanjut

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *