Jokowi Merasa Bangga Mobil Xpander Rakitan Orang Indonesia Diekspor ke Mancanegara

Presiden Indonesia Joko Widodo merasa bangga atas PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia yang mana bisa mengekspor mobil rakitan mobil Mitsubishi Xpander yang berhasil menerobos pasar manca negara atau internasional.

SuaraDemokrasi.com – Presiden Indonesia Joko Widodo merasa bangga atas PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia yang mana bisa mengekspor mobil rakitan mobil Mitsubishi Xpander yang berhasil menerobos pasar manca negara atau internasional.

Walaupun perusahaan yang sebenarnya ini berada di daerah Jepang dan bahkan Mitsubishi juga menjadi brand yang berasal dari Jepang. Presiden Jokowi juga memberikan penjelasan bahwasanya perakitannya dilakukan di daerah Cikarang, Bekasi Jakarta. Bahkan tenaga yang melakukan perakitan ini juga orang lokal dari Indonesia sendiri.

Dikutip dari kompas.com, presiden Joko Widodo memberikan penyataan yang bangga kenapa mereka. “Ini patut kita hargai dan apresiasi,” jelas Jokowi, ketika sedang melepaskan 420 unit mobil Mitsubishi Xpander unuk dilakukan ekspor menuju ke negara Filipina. Penyataan tersebut berlangsung di Pelabuhan Tanjung Priok, kawasan Jakarta, pada hari Rabu tanggal 25 April 2018.

Di sepanjang tahun 2018 ini, akan ada sekitar 20 unit mobil Xpander dari rakitan Indonesia yang akan diekspor ke luar negeri. Selain diekspor ke Filipina ternyata mobil ini juga akan di ekspor ke beberapa negara yang lainnya seperti Vietnam, Thailand, Sri Lanka, Bolivia dan Mesir.

Dikutip dari kompas.com , “Pangsa pasarnya bukan hanya untuk pasar Asia Tenggara, tetapi juga masuk ke pasar-pasar Amerika Selatan, Afrika. Dan mobil ini diproduksi dan dirakit oleh tenaga kerja Indonesia,” ujar Jokowi.

Jokowi menyatakan, bahwa ekspor serta investasi merupakan sebuah kunci yang paling penting bagi kemajuan perekonomian Indonesia. Pemerintah juga mengharapkan, dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang baik maka dapat menekan ketimpangan, kesenjangan dan kemiskinan yang ada saat ini.

“Kalau (ekonomi) mau tumbuh, maka investasi harus banyak yang dibangun di Indonesia. Ekspor juga harus lebih banyak kita lakukan, terutama investasi dan ekspor untuk yang non-sumber daya alam,” ucap Jokowi.

Oleh sebab itu, Jokowi juga memberikan kepastian untuk ke depannya bahwa Indonesia akan terus mendorong beragai kemudahan dalam berinvestasi yang berorientasi pada ekspor. Tahun 2017, begitu yang disampaikan Presiden Jokowi.

Ekspor berhasil tumbuh pada kisaran angka 16,2 persen yang mana surplus perdagangan bisa berada di angka 11,8 miliar dollar AS. “Tapi kita terus akan mendorong agar lebih tinggi lagi dan bisa melompat lebih maju lagi,” ujar Jokowi di kompas.com

 

 

Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2018/04/25/13032361/jokowi-bangga-xpander-rakitan-indonesia-diekspor-ke-mancanegara

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *