Gas Bumi PGN Andil dalam Eksportir Permen Jaher ke Eropa dan Amerika

Komitmen dari PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk. Kembali terbukti dengan turut serta menyalurkan energi baiknya ke berbagai sektor industri. Penyaluran energi baiknya tersebut sekaligus sebagai bentuk dukungan PGN kepada industri di tanah air agar bisa terus mempertahankan posisinya di pasar dunia

SuaraDemokrasi.com – Komitmen dari PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk. Kembali terbukti dengan turut serta menyalurkan energi baiknya ke berbagai sektor industri. Penyaluran energi baiknya tersebut sekaligus sebagai bentuk dukungan PGN kepada industri di tanah air agar bisa terus mempertahankan posisinya di pasar dunia.

PGN kali ini, seperti yang dilansir dari laman Kompas.com, juga melayani kebutuhan untuk bahan bakar gas pada pabrik permen jahe, PT Serba Gurih Indonesia (SGI), Kota Pasuruan, Jawa Timur. Pabrik yang berada di Jalan Achmad Yani Nomor 216 Pasuruan tersebut berorientasi ke pasar ekspor pada sektor makanan ke Eropa, Amerika dan Australia.

Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama, di Jakarta, pada hari Selasa (17/04/18), mengatakan, “Penyaluran gas bumi PGN ini sebagai dukungan untuk industri tanah air agar semakin kompetitif di pasar dunia, salah satunya pabrik Serba Gurih Indonesia yang memproduksi permen jahe yang diekspor ke sejumlah negara seperti Amerika, Eropa dan Australia.”

PGN, Lanjut Rachmat, kini semakin semangat dalam mendukung industri di tanah air termasuk PT SGI itu. Hal tersebut karena kesungguhan dari pabrik permen jahe SGI yang menjadi pelanggan gas bumi PGN. Sebab, sebelumnya penetapaan SGI sebagai pelanggan tetapnya sempat mengalami kendala.

“Dalam proses menjadi pelanggan, SGI pada awalnya tidak lolos untuk disetujui menjadi pelanggan karena hitungan investasi jaringan tidak sesuai dengan minimal volume pemakaian,” tutur Rachmat.

Kendati demikian, PT Serba Gurih Indonesia tetap keukeuh ingin menjadi pelanggan PGN. Bahkan, tidak tanggung-tanggung, pabrik permen jahe tersebut juga bersedia merogoh koceknya untuk membangun dan membentuk sendiri serangakaian jaringan agar terhubung langsung dengan jaringan distribusi dari gas bumi PGN.

Rachmat Hutama mengungkapkan, “PT SGI akhirnya sepakat untuk mengeluarkan investasi jaringan dengan skema swadana untuk bisa berlangganan gas.”

Alhasil, PGN tersebut secara perdana mulai menyalurkan gas buminya ke pabrik ginger candy pada awal april 2018. Sebagai tahap awalnya, PT SGI menerima distribusi gas bumi sebesar 20.000 meter kubik perbulannya.

Hingga saat ini, PGN sendiri telah membangun serta mengoperasikan infrastruktur untuk pipa gas Bumi sepanjang 7.453 km atau setara dengan 80 persen pipa gas bumi pada hilir di seluruh Indonesia.

Sumber: https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/17/123500426/eksportir-permen-jahe-ke-amerika-dan-eropa-ini-gunakan-gas-bumi-pgn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *