Dua Pemimpin Asal Korea Berjumpa dalam Pertemuan Bersejarah

Kedua presiden asal Korea yaitu Moon Jae-in selaku Presiden Korea Selatan dan Kim Jong Un selaku pemimpin dari Korea Utara dikabarkan berjumpa dalam pertemuan sebagai puncak yang bersejarah pada hari Jumat tanggal 27 April 2018 pagi waktu setempat.

SuaraDemokrasi.com – Kedua presiden asal Korea yaitu Moon Jae-in selaku Presiden Korea Selatan dan Kim Jong Un selaku pemimpin dari Korea Utara dikabarkan berjumpa dalam pertemuan sebagai puncak yang bersejarah pada hari Jumat tanggal 27 April 2018 pagi waktu setempat.

Pertemuan yang dilakukan oleh dua pihak ini bisa dijadikan sebagai tanda bahwa awal dari berbagai macam upaya yang selama ini telah dilakukan agar bisa menyingkirkan ambisi adanya nuklir di Korea Utara atau Korut.

Dikutip dari kompas.com, Yonhap News telah mengabarkan bahwa keduanya telah di jadwalkan akan bertemu tepat pada pukul 09.30 KST atau setara dengan jam 06.30 WIB. Sedangkan pembicaraan resmi ini akan dilaksanakan pukul 10.20 KST atau setara dengan jam 07.30 WIB.

Berita yang sama ternyata juga dikabarkan oleh Kantor Berita Korea Utara atau KCNA yang mana Kim sudah meninggalkan Pyongyang yang mana pada hari Jumat tanggal 27 April 2018 pagi hari. Dikutip dari kompas.com, “Kim Jong Un akan secara terbuka berdiskusi dengan Moon Jae-in dalam berbagai isu yang dapat meningkatkan hubungan antar-Korea dan mencapai perdamaian, kemakmuran, dan reunifikasi Semenanjung Korea,” penjelasan yang dituliskan oleh KCNA.

Moon telah dijadwalkan berangkat menuju ke Panmunjom kira-kira pukul 08.00 pagi. Kedua pemimpin dari Korea ini akan bergabung di dalam upacara resmi penyambutan. Pertemuan yang dilakukan oleh Kim dan juga Mon pada tanggal 27 April 2018 pagi adalah sebuah pertemuan antara Korea Utara dan Korea Selatan yang ketiga. Hanya saja menjadi kali pertama digelar pada kawasan Korea Selatan.

Pertemuan yang dilakukan oleh dua negara Korea ini sebelumnya pernah digelar pada tahun 2000 dan juga tahun 2007, yang mana keduanya diselenggarakan pada Pyongyang. Dengan demikian, Kim jadi pemimpin Korea Utara pertama yang pernah menginjak tanah di Korea Selatan sejak penghujung Perang Korea pada tahun 1950 hingga tahun 1953.

Dua negara Korea secara teknis selalu bersiteru dan berperang, pada saat Perang Korea berakhir dengan adanya gencatan senjata, bukan dilandasi dengan adanya perjanjian damai di antara keduanya.

 

 

 

Sumber: https://internasional.kompas.com/read/2018/04/27/07310041/pagi-ini-dua-pemimpin-korea-berjumpa-dalam-pertemuan-bersejarah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *