Drone Mainan Ditembak Jatuh Pasukan Saudi Saat Melintas di Dekat Istana

Pasukan keamanan Arab Saudi telah mengklaim menembak pesawat tanpa awak atau dronehingga jatuh, yang mana drone tersebut bertujuan untuk rekreasi di Riyadh, pada Sabru (21/04/2018).

SuaraDemokrasi.com – Pasukan keamanan Arab Saudi telah mengklaim menembak pesawat tanpa awak atau dronehingga jatuh, yang mana drone tersebut bertujuan untuk rekreasi di Riyadh, pada Sabru (21/04/2018).

Pernyataan terkait atas penembakan drone tersebut, seperti yang di lansir dari VOA, aksi tersebut dilakukan untuk meredakan anggapan atas beredarnya video yang muncul di media sosial yang menunjukkan bentrokan serta penembakan yang belum jelas terkonfirmasi di area dekat istana kerajaan.

Saat peristiwa tersebut terjadi, Juru Bicara Kepolisian wilayah Riyadh menyatakan, ketika drone yang terbang melintas tanpa izin tersebut terlihat pukul 19.50 waktu setempat, Raja Salman tidak berada di istana.

“Raja berada di pertaniannya di Diriya,” tutur pejabat kepolisian, dikutip dari Kompas.com.

Sebelumnya juga beredar video rekaman amatir dengan durasi 30 detik yang memperlihatkan adanya penembakan keras. Atas beredarnya rekaman tersebut, spekulasi dunia maya mengarah pada kemungkinan upaya kudeta pada negara pengekspor utama minyak dunia tersebut.

Terdapat juga satu video amatir yang menunjukkan dua mobil polisi yang diparkir di tengah jalan yang gelap. Akan tetapi, munculnya video tersebut belum bisa diverifikasi keasliannya secara independen.

Terkait masalah rekaman tersebut dan kejadian ditembaknya “drone mainan” itu, pemerintah akan segera mengeluarkan peraturan mengenai penggunaan pesawat tanpa awak dengan tujuan rekreasi.

The New York Times mengabarkan, terkait masalah drone tersebut, karena sejumlah kelompok pemberontak di Yaman, Houthi, juga sering menggunakan drone yang telah persenjatai untuk menargetkan ibu kota Saudi.

Selain itu, kelompok pemberontak tersebut juga pernah melancarkan aksinya dengan menembakkan rudal balistiknya ke Kerajaan itu. Bersama dengan koalisinya, Saudi telah terlibat dalam peperangan guna melumpuhkan Houthi yang diklaim mendapat dukungan dari Iran.

Tidak hanya itu, pada Oktober 2017 lalu, istana Kerajaan Saudi juga teror mematikan dengan munculnya pria bersenjata yang menembak dua penjaga hingga tewas dan melukai tiga penjaga lainnya pada gerbang istana kerajaan di Jeddah

Dilansir dari laman AFP, bahwa keamanan di sekitar istana semakin diperketar dalam beberapa bulan terakhir, pasca Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman melakukan reformasi kebijakannya pada bidang sosial dan ekonomi.

Sumber: https://internasional.kompas.com/read/2018/04/22/12230091/pasukan-saudi-tembak-jatuh-drone-mainan-yang-terbang-di-dekat-istana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *