Beredarnya Video Sniper Israel Yang Menembak Warga Palestina

IDF atau pasukan pertahan dari Israel ini memberikan sebuah pernyataan bahwa pihaknya bakal melakukan investigasi atas kejadian beredarnya video tembakan ke warga Palestina. Dikutip dari Kompas.com, video tersebut menunjukkan bawa seorang penembak runduk atau sniper tengah menembak salah satu warga Palestina saat berada di perbatasan.

SuaraDemokrasi.com – IDF atau pasukan pertahan dari Israel ini memberikan sebuah pernyataan bahwa pihaknya bakal melakukan investigasi atas kejadian beredarnya video tembakan ke warga Palestina. Dikutip dari Kompas.com, video tersebut menunjukkan bawa seorang penembak runduk atau sniper tengah menembak salah satu warga Palestina saat berada di perbatasan.

Dalam video tersebut juga terdengar suara yang saat ini masih diduga sebagai suara dari sniper serta spotter atau pengamat. Spotter ini bertugas sebagai perekam dan video yang telah beredar. Ada sebuah pertanyaan dari darinya “Apa Anda, masih memiliki peluru di dalam senapan tersebut?” tanyanya kepada sniper saat sedang memperhatikan segerombolan warga Palestina yang ada di bagian depan perbatasan.

Di waktu yang sama pandangan dari kedua orang Israel ini menuju pada seorang pria warga Palestina yang tengah memperhatikan rekannya. “Apakah ini untuknya?” tanya spotter itu kembali kepada rekannya.

Sesaat kemudian langsung terdengar letusan keras dan warga Palestina dari tergeletak di tanah. Seketika mulai terdengar suara akan tentara Israel yang merasa kegirangan dari video rekaman tersebut. “Aku merekamnya,” ujar spotter tadi. “Sungguh sebuah video melegenda,” sahut salah satu tentara pada sniper sebagai pelaku penambakan ini.

IDF juga memberikan pernyataan bahwa video yang sudah beredar tersebut sejatinya telah dibuat lama sekitar beberapa bulan yang lalu. Pihak IDF juga akan melakukan sebuah tindakan lebih tegas atau melakukan penyidikan. “Kami janji akan melakukan penyidikan atas kejadian yang terjadi ini,” ujar pihak IDF.

Video yang terjadi ini membuat para politisi di Israel menjadi terbelah untuk menyikapinya. Perbedaan ini terjadi antara pihak Yehuda Glick yang berasal dari Partai Likud dengan Oren Hazan. Yehuda Glick merasa berat ketika melihat video tersebut, menurutnya video ini sangat membuatnya kecewa.

Hal ini berbeda dengan kolega lain yaitu Oren Hazan yang saat ini tengah di skors dari Parlemen Israel atau Knesset atas sebuah tindakan pelecehan. Menurut pendapat Oren Hazan bahwa tindakan yang dilakukan tentara Israel sangatlah tepat dan sesuai dengan peraturan yang jelas, dimana semua yang berani mendekati pagar perbatasan antara Israel dan Palestina baik membawa senjata atau tidak pasti akan ditembak seketika.

 

Sumber : https://internasional.kompas.com/read/2018/04/10/17464581/beredar-video-sniper-israel-tembak-warga-palestina-sambil-kegirangan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *