APBN Tahun 2019 Akan Difokuskan Pada Bidang Sosial

Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan Indonesia memberikan sebuah pernyataan yang mana program dalam bidang sosial kini akan menjadi titik fokus pada APBN tahun 2019. Hal ini juga sesuai dengan adanya instruksi yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo.

SuaraDemokrasi.com – Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan Indonesia memberikan sebuah pernyataan yang mana program dalam bidang sosial kini akan menjadi titik fokus pada APBN tahun 2019. Hal ini juga sesuai dengan adanya instruksi yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo.

“Saat ini fokus untuk ABPN lebih ke sumber daya manusia (SDM), yang mana nantinya bisa membuat program sosial dalam bentuk PKH atau Program Keluarga Harapan, dan beberapa program untuk memberikan bantuan pada rakyat miskin, pendidikan serta kesehatan. Beberapa Hal ini harus lebih ditingkatkan baik di sisi akselerasi maupun sisi eksekusinya. Perencanaan ini merupakan instruksi yang akan dilakukan” ujar Sri Mulyani dikutip dari antaranews.com saat berada di Istana Kepresidenan.

Sri Mulyani juga menyampaikan hal tersebut setelah selesai rapat sidang paripurna yang membahas mengenai anggaran bagi para indikatif di tahun 2019 dan akan diprioritaskan skala nasional 2019 mendatang.

Presiden Jokowi juga memberikan sambutan dengan baik bahwa fokus untuk APBN di tahun 2019 mendatang yaitu pembangunan sumber daya manusia. Sedangkan untuk pemilu masa bakti 2019 hingga 2024 akan diselenggarakan pada tahun mendatang.

“Di tahun 2019 yang akan datang kami akan membuat sebuah desain APBN di defisit yang saat ini masih kurang dari 2 persen atas PBD. Karena nilai PBD di tahun depan naik dengan tingkat yang tergolong  besar hingga mencapai angka melebihi 16 triliun rupiah, maka kami wajib untuk selalu berhati-hati pada saat akan menetapkan target bagi pajak, baik rasio maupun defisit” ucap Mulyani.

Menurutnya, pemerintah akan selalu berusaha membuat desain APBN tahun 2019 agar tetap bisa memberikan stimulus serta dukungan untuk perkembangan ekonomi dan juga perbaikan sosial. Selain itu juga diharapkan tidak akan menimbulkan beban yang cukup besar yang mana secara otomatis akan mempengaruhi presepsi serta kredibilitas akan APBN.

Semuanya ini masih berada pada tahap perhitungan di indikatif. Dari jumlah yang ada kira-kira 823 triliun rupiah ini untuk belanja lembaga dan juga kementerian. Walaupun lebih diminta fokus di SDM, namun Mulyani juga mengungkapkan alokasi yang digunakan untuk belanja beberapa infrastruktur utamanya.

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/699872/apbn-2019-fokus-pada-program-sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *